Dua Program Prioritas Di Kelurahan Talun

Dua Program Prioritas Di Kelurahan Talun
Rinny Mulyati SE MSi Lurah Talun (Foto: AHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Upaya mewujudkan program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Pemerintahan Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Selatan dibawah kepemimpinan Rinny Mulyati SE MSi akan berupaya keras melaksanakan dua program unggulan. Yakni, pembangunan jalan poros yang juga merupakan program lurah terdahulu serta program pengentasan kemiskinan.

“Ada tiga program yang kami miliki, dalam Pengentasan Kemiskinan di Kelurahan Talun,” kata Rinny saat ditemui Sumeks di kantornya, Senin (20/9).

Pertama, kata dia, menjalankan program Pertanian. “Kami akan merintis penanaman umbi talas bening yang diawali di RW 06. Dimana ada tanah carik yang akan kami manfaatkan untuk menanam Umbi Talas Bening dilokasi itu,” kata Rinny yang baru menjabat Lurah Talun itu.

Baca Juga:Operasi Patuh Lodaya 2021 DimulaiSelokan Areal Burnong Perlu Pembenahan

Program pertanian tersebut, kata dia, bertujuan untuk menambah penghasilan dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar lokasi tersebut.

“Daun dari Umbi Talas Bening tersebut bisa dipanen empat bulan sekali dan itu sudah ada perusahaan yang siap menampung sekaligus memberikan benih atau pupuk,” terangnya.

Kedua Program Bank Sampah Unit (BSU). “Kami nanti koordinasi juga dengan Bank Sampah Induk (BSI), jadi pengelolaan Bank Sampah Unit yang Nanti ke depannya akan menghasilkan pendapatan, untuk menambah penghasilan warga,” ujarnya.

Ketiga, menampung minyak jelantah dari warga yang dikoordinir oleh setiap ketua RT atau Ketua RW. “Untuk minyak jelantah atau miyak sisa penggorengan, sudah ada pengusaha yang siap menampung dan membelinya,” tutur Rinny.

Sebagai orang nomor satu di Kelurahan Talun, Rinny acap kali mengajak warganya untuk senantiasa menjaga kekompkan, dalam memajukan Kelurahan Talun.
“Mari kita semua bekerja sama untuk mendukung peningkatan Kemajuan Kelurahan Talun,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar