oleh

Bawaslu Tingkatkan SDM Hadapi Pemilu 2024

SUMEKS, Kota – Tagline ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu’ menjadi motivasi Bawaslu Sumedang mengupayakan peningkatan kapasitas SDM dalam mempersiapkan diri menghadapi Pemilu dan pemilihan serentak 2024.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya mengungkapkan saat ini Bawaslu tengah mempersiapkan peningkatan kapasitas SDM Kepemiluan.

“Dalam persiapan menghadapi perhelatan pesta demokrasi Pemilu dan Pemilihan tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Sumedang sedang melaksanakan kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas SDM kepemiluan dan pengawasan yang dilakukan secara luring serta daring,” ucapnya kepada Sumeks, Selasa (21/9).

Ia menjelaskan bentuk kegiatan peningkatan Kapasitas SDM Kepemiluan tersebut dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan luring dan daring. “Bentuk kegiatannya berupa pemberian materi, diskusi, dan praktek simulasi,” katanya.

Hal-hal yang sedang diupayakan peningkatannya berupa hal-hal yang menunjang proses pengawasan yang akan dilakukan oleh Bawaslu serta elemen pendukung lainnya.

“Peningkatan kapasitas terkait pengawasan, hukum, penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa serta kerja-kerja pengawasan lainnya,” ucapnya.

Selain itu, tambahnya, Bawaslu juga sedang mempersiapkan calon-calon pengawas partisipatif yang akan membantu proses kerja dari Bawaslu itu sendiri.

“Disamping itu pula melakukan kegiatan sosialisasi pengawasan yang melibatkan stakeholders sebagai calon-calon pengawas partisipatif melalui program Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP),” ucapnya.

Meskipun saat ini belum memasuki tahapan Pemilu, menurutnya, Bawaslu tidak kekurangan pekerjaan.

“Walaupun saat ini belum memasuki tahapan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024, namun Bawaslu isi dengan kerja-kerja berupa program kepengawasan yang sasarannya pihak internal dan eksternal,” katanya. (Mg1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *