Bumdes Ranggon Kelola Pengelolaan Penggemukan Domba

Bumdes Ranggon Kelola Pengelolaan Penggemukan Domba
Ketua Apdesi Darmaraja Oo Somantri saat melihat domba penggemukannya, kemarin. (Foto: HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Darmaraja – Sinergitas Badan Usah Milik Desa (Bumdes) di Kecamatan Darmaraja bisa mempercepat perkembangan usaha.

Ketua Apdesi Kecamatan Darmaraja Oo Somantri menegaskan, keberadaan bumdes di setiap desa perlu ada kerjasama yang baik untuk pertumbuhan usahanya.

Dia mencontohkan, Bumdes Ranggon Kecamatan Darmaraja optimis mengelola penggemukan domba. Usahanya itu saat ini tengah berlangsung, pihak bumdes kerjasama dengan pengusaha dari daerah Kabupaten Garut.

Baca Juga:PMI: Donor Darah Setelah Vaksinasi AmanEma Ema Halau Orang Ganggu Perbaikan Jalan Cicabe-Cisempur

“Saat ini Bumdes Ranggon tengah kelola penggemukan domba. Kalau bisa sinergi, usaha domba ini bisa dikerjasamakan dengan bumdes lain yang ada di Darmaraja,” kata dia kepada Sumeks, baru-baru ini.

Dia menggambarkan, kalau Bumdes Ranggon sudah berjalan untuk penggemukannya, Bumdes lain bisa untuk memasarkan, suplay pembibitan dan penyediaan pakan penunjang seperti konsentrat.

“Dari satu usaha penggemukan domba saja bisa dikerjasamakan oleh 4 atau 5 Bumdes yang ada di Kecamatan Darmaraja,” katanya.

Dia menilai, bisnis penggemukan domba cukup bisa diandalkan untuk mengembangkan usaha. Hal itu harus berimbas juga untuk masyarakat lebih luas. Minimalnya, bisa bantu para petani ternak Domba untuk ikut usaha didalamnya.

“Sepertinya mayoritas masyarakat di Darmaraja sudah memahami cara pemeliharaan domba, kenapa tidak hal itu dikembangkan dalam bentuk usaha yang lebih besar,” katanya. (eri)

0 Komentar