Packaging Tingkatkan Nilai Jual Produk

Packaging Tingkatkan Nilai Jual Produk
(Foto: NET/ ILLUSTRASI)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Packaging atau kemasan produk akan mempengaruhi harga, positioning dan kualitas sebuah produk.

Ketua Rumah Creative Indonesia, Harnandito Yudhitia mengungkapkan packaging sebuah produk akan meningkatkan harga jual sebuah produk tanpa mengubah unsur dan komponen bahan bakunya.

“Packaging yang bagus itu bisa meningkatkan nilai jual sebuah produk. Misal harga produk dengan packaging biasa hanya Rp 5000, tapi jika kita ganti packagingnya harganya bisa naik jadi 10 ribu atau bahkan 15 ribu,” ucapnya.

Baca Juga:Potensi UMKM Sumedang Luar BiasaTahun 2024, Target Jalan Ciurug Mulus

Menurutnya, kenaikan nilai jual tersebut hanya dilakukan dengan mengganti packagingnya saja, tidak perlu menambahkan atau mengganti bahan baku produk tersebut.

“Tanpa harus menambahkan bahan baku apapun kedalam produknya. Cukup ganti packagingnya, maka harga bisa naik,” katanya.

Selain itu, packaging juga akan mempertegas dan memperjelas kemana produk itu akan dipasarkan. Seperti halnya marketing yang harus membuat treatment marketing sesuai dengan segmentasi atau pasarnya, packaging pun demikian.

“Packaging juga akan mempertegas positioning dari produk tersebut. Misal produk untuk anak muda, maka packagingnya harus sesuai dengan anak muda. Alias positioning produk tersebut akan lebih tajam kepada pasar,” ucapnya.

Packaging juga berpengaruh kepada pengembangan dan pembangunan brand atau merek sebuah produk. Packaging akan membangun persepsi awal konsumen terhadap brand.

“Persepsi konsumen terhadap brand juga salah satunya dilihat dari packaging produk tersebut. Jika kita ingin membuat brand terlihat mewah, maka buat packaging yang mewah. Jika kita ingin membuat brand yang khusus untuk anak muda, maka buat packaging yang anak muda banget,” ucapnya.

Menurutnya, packaging yang baik juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen kepada produk.

Baca Juga:Ekspor Buncis Sukawangi Sampai SingapuraPemda Provinsi Jabar Perkuat Independensi Aparat Pengawasan Interen Pemerintah

“Selain itu juga packaging bisa membangun trust customer terhadap produk tersebut. Packagingnya baik, trust terhadap produk juga akan terbangun dengan sangat baik. Produk alakadarnya, trustpun ya alakadarnya atau bahkan menurun,” katanya.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam sebuah packaging adalah fungsi utama sebuah kemasan untuk melindungi produk dan menjaga kualitas produk.

“Packaging juga sangat berfungsi untuk menjaga kualitas produk. Misalkan packaging yang di vacuum, yang tertutup rapat itu sangat bagus sehingga kualitas bisa terjaga. Tidak sekedar enak dipandang, packaging juga harus bisa melindungi produk,” ungkapnya. (Mg1)

0 Komentar