Puluhan Siswa SMK Pusdai Sumedang Jadi Pramusaji Para Raja Nusantara

Puluhan Siswa SMK Pusdai Sumedang Jadi Pramusaji Para Raja Nusantara
Para Siswa SMK Pusdai Sumedang turut tampil menjadi pramusaji acara nasional Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN). (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Kota – Sebanyak 25 Siswa dari berbagai jurusan SMK Pusdai Sumedang didaulat menjadi pramusaji para raja di event nasional FAKN 1 yang dilaksanakan di halaman gedung negara, pada 28-29 Oktober 2021 kemarin.

Hal tersebut sontak disambut antusias oleh pihak SMK Pusdai yang diketahui memiliki Jurusan Perhotelan dan Tata Boga untuk berkontribusi pada acara bertaraf nasional tersebut.

Koordinator Pramusaji FAKN dari Guru SMK Pusdai, Ridho mengatakan dengan event tersebut merupakan bentuk supporting dan kontribusi dari SMK Pusdai untuk kemajuan Sumedang.

Baca Juga:Cost Politik Pemilu 2024 Diprediksi Akan NaikPerjamuan Raja Ratu, Pemda Gelontorkan Dana Rp 500 Juta

“Ini sesuatu hal yang spesial buat kita, bisa tergabung event nasional apa lagi tuan rumahnya Sumedang,” ujarnya kepada Sumeks, Kamis (30/9).

Ridho menyampaikan, ini merupakan kegiatan perdana SMK Pusdai Sumedang ikut tampil di acara level nasional. Karena sebelumnya, ruang lingkupnya hanya di internal atau event lokal saja.

“Kita menyajikan makanan kepada para raja dan tamu. Jadi kita fokus tiap makan siang dan malam saja selama dua hari tersebut,” tambahnya.

Pada moment tersebut, lanjut Ridho, selain mempromosikan kontribusi sekolahnya dalam event nasional tersebut, juga sebagai sarana untuk mengedukasi warga Kabupaten Sumedang.

“Apalagi saat ini Sumedang akan dijadikan kabupaten pariwisata dan pendukungnya acara FAKN kemarin termasuk pramusajinya dipercaya dari kami. Sehingga bisa dibuktikan bahwa SMK di jurusan kami yang ada Perhotelan dan tata boga bisa menampilkan peluang kerjanya yang luas,” paparnya.

Untuk menjadi pramusaji para raja di nusantara, siswa SMK Pusdai telah mengikuti tahapan latihan selama seminggu.

“Selain itu mentality, perfomance, knowledge tentang menu keadaan disana kita harus tahu biar bisa lancar dan terakhir skill mereka,” jelasnya.

Baca Juga:Buntut Remaja Tewas, Pengelola Perketat PengawasanJalan Lokasi Wisata Sempit, Proyek Lingkar Utara Jatigede Harus Dipercepat

Ditempat yang sama, guru SMK Pusdai, Wahyu mengatakan jika pihaknya sangat bahagia. Apalagi dengan posisi sebagai guru produktif, diharapkan pihaknya dapat terus berkontribusi untuk Pemerintah Sumedang.

Wahyu juga mengungkapkan, dalam pariwisata Sumedang, SMK Pusdai merupakan satu-satunya SMK yang dipercayai oleh PHRI sebagai salah satu promosi tempat wisata dan perhotelan.

“Kita satu-satunya SMK di Sumedang yang tercantum dalam PHRI nasional. Sertifikat sudah ada nomor anggotanya juga sudah ada,” tuturnya. (Mg2) 

0 Komentar