Jalan Lokasi Wisata Sempit, Proyek Lingkar Utara Jatigede Harus Dipercepat

Jalan Lokasi Wisata Sempit, Proyek Lingkar Utara Jatigede Harus Dipercepat
Beberapa pekerja saat melakukan pembangunan jalan Lingkar Utara Jatigede, beberapa waktu lalu. (Foto: DOK SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cisitu – Tokoh masyarakat Kecamatan Cisitu Sarnata berharap Jalan Lingkar Utara Jatigede segara rampung.

Mantan anggota DPRD Sumedang dari Partai Demokrat ini mengatakan, penyelesaian jalan akan mempercepat pengembangan kawasan wisata Buricak Burinong (Burnong) dan pemukiman warga.

Sarnata juga menyoroti ruas jalan menuju Kawasan Burnong di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, sejak dari wilayah Karamat Desa Cigintung Kecamatan Cisitu, cukup sempit.

Baca Juga:Musim Hujan, Warga Nekat Balik ke Bekas LongsorRaup Untung Rp 80 Juta, Bumdesma Bantu Kaum Dhuafa

“Akses jalan yang sempit dengan medan yang cukup curam, sangat membahayakan bagi pengunjung kawasan Burnong. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang sampai terjadi kecelakaan,” kata Sarnata kepada Sumeks di kediamannya, Rabu (29/9).

Menurutnya, setelah selesai Jalan Lingkar Utara Jatigede, ada dua alternatif untuk pengembangan jalan menuju Burucak Burinong. Pertama, memperlebar jalan ruas Karamat menuju kawasan Burnong.

Sementara, alternatif kedua, seandainya jalan Lingkar Utara Jatigede sudah tembus dibeton. Maka, bisa belok kiri ke perumahan Cikokol, dari sana sangat dekat ke kawasan Burnong.

“Apabila jalan tersebut dibuat, medannya tidak terlalu berbahaya dan landai. Jarak pun lebih dekat,” jelasnya.

Sarnata menyarankan untuk mempercepat terwujudnya jalan lingkar utara Jatigede, meski sudah diprogramkan, diperlukan juga kelincahan instansi terkait dan Pemda untuk melobi ke pemerintah pusat. Sehingga, akan cepat terwujud ruas jalan Lingkar Utara Jatigede.

“Kita jangan menunggu program, harus proaktif,” tutupnya. (atp)

0 Komentar