Tak Hanya Mampet, Airnya Juga Keruh

Tak Hanya Mampet, Airnya Juga Keruh
Kondisi air bersih dari PDAM/Perumda Tirta Medal kondisinya sering keruh ketika turun hujan. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Cisitu – Buruknya layanan air bersih dari Perumda Tirta Medal tak hanya dirasakan pelanggan di perkotaan. Di Kecamatan Cisitu, warga mengeluhkan air bersih yang dibeli dari PDAM tersebut, kondisinya keruh berwarna coklat kala hujan turun.

Air PDAM kerap berwarna cokelat dengan sedikit bau tanah merah, Hal tersebut di utarakan oleh warga Kecamatan Cisitu Isyour Suryanah.

“Ya kalau hujan air dari PDAM kadang warnanya coklat, keruh. Bahkan, kadang sampai bau tanah merah,” ujar Isyour.

Baca Juga:Direksi PDAM Tolak Konfirmasi, Pengamat: Tidak Sejalan dengan UU Keterbukaan Informasi PublikPerangkat Desa Keluhkan Keterlambatan Siltap

Selain berwarna kecoklatan air tersebut kadang membawa material berupa serpihan tanah. Warga pun enggan memasak air dengan air dari PDAM tersebut.

“Ya airnya kalau didiamkan satu malam di dasar bak, suka ada endapan tanah. Kami juga enggan mengonsumsi air tersebut. Kita hanya gunakan untuk mandi mencuci tapi tidak mengonsumsinya,” kata Isyour.

Selain itu, jika musim kemarau yang cukup panjang, air di daerahnya kadang tidak mengalir full, yang membuat warga sekitar harus mengambil air ke tetangga yang memiliki sumur.

“Kalau musim kemarau air kadang-kadang mati, namun sekarang sudah lancar di sini, hanya saja bila hujan airnya keruh warna coklat,” tumpas Isyour. (kga)

0 Komentar