Nomor Urut Calkades Sudah Ditetapkan, Bupati Minta Pilkades Kondusif

Nomor Urut Calkades Sudah Ditetapkan, Bupati Minta Pilkades Kondusif
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat menggelar rapat secara virtual beberapa waktu lalu. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Kota – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta agar pelaksanaan Pilkades Serentak dapat berjalan kondusif.

Hal itu disampaikannya saat melaksanakan rapat koordinasi peran pemerintah dalam menciptakan kondusifitas pilkades serentak baru-baru ini.

“Saya minta semua meningkatkan semangat dan kewaspadaan. Untuk itu, lakukan cek dan ricek berkaitan dengan persiapan Pilkades yang akan dilaksanakan beberapa minggu lagi,” ujarnya kepada Sumeks.

Baca Juga:Alami Insiden pada PON XX, Atlet Gantole dilindungi BPJS KetenagakerjaanPON XX Papua 2021 Jabar Pemuncak Klasemen Sementara Perolehan Medali

Bupati juga meminta, agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) beserta para camat dapat mempersiapkan semua tahapan secara matang dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

“Ada Panca Sukses tahapan Pilkades yang harus diwujudkan oleh semua unsur yang terlibat. Pertama, Pilkades harus aman, damai dan kondusif. Kedua, Pilkades harus bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Ketiga, Pilkades harus demokratis. Keempat, Pilkades harus sukses administrasi. Dan Kelima, Pilkades sukses dan aman dari Covid-19,” paparnya.

Sementara itu, dalam pilkades serentak tersebut, pihak penyelenggara telah menetapkan nomor urut seluruh Calkades di 89 desa.

“Ditetapkan hari ini secara serentak. Kedepannya, agendanya akan menghadapi masa kampanye, masa tenang dan pencoblosan Pilkades,” terangnya.

Diketahui, hasil konsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri, untuk Pilkades di Kabupaten Sumedang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, yakni 27 Oktober 2021.

“Para calon kepala desa harus melaksanakan kesepakatan bersama pilkades serta menandatangani komitmen bersama sehingga ada efek psikologis yang mendorong Pilkades dijalankan dengan sebaik baiknya,” tuturnya. (Mg2)

 

0 Komentar