Partisipasi Pilkades Di Desa Cieunteung Akan Tinggi

Partisipasi Pilkades Di Desa Cieunteung Akan Tinggi
(Foto: Net/Illustrasi)
0 Komentar

SUMEKS, Darmaraja – Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) Desa Cieunteung Kecamatan Darmaraja merasa optimis jumlah partisipasi pilkades akan tinggi. Meski desa tersebut diklaim sebagai desa yang jumlah partisipasi pemilihnya rendah, sehingga menjadi desa yang dipilih untuk program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

Program tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih.

Berdasarkan data pemilu beberapa waktu lalu, di tingkat Kabupaten Sumedang jumlah partisipasi pemilih ada sekitar 80 persen dan di tingkat kecamatan hanya 70 persen. Termasuk, di Desa Cieunteung jumlah pemilih hanya sekitar 70 persen.

Baca Juga:Gegerkan Warga, King Kobra Jumbo Masuk RumahPencuri Motor Gagal Beraksi, Rumah Korban Dikunci Dari Luar

“Jumlah partisipasi pemilu beberapa tahun lalu memang terbilang rendah, tapi untuk pilkades saya optimis bisa mencapai 80 persen bahkan lebih,” kata Wakil Ketua Panitia Pilkades Cieunteung, Ujang Tajudin kepada Sumeks, belum lama ini.

Dikatakan, moment pilkades biasanya berbeda dengan pemilu. Pasalnya, masyarakat punya hubungan emosional yang baik dengan para calon kades, baik itu hubungan keluarga atau pun kekerabatan.

Dengan begitu, masyarakat akan menyalurkan hak pilihnya kepada calon yang dianggapnya sebagai keluarga, kerabat atau simpatisan.

“Kenapa kita optimis di pilkades ini jumlah partisipasinya akan tinggi, sebab masyarakat punya hubungan emosional yang baik dengan para calon kades,” kata dia.

Selain itu, pihaknya terus menggenjot upaya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat memahami pentingnya menyalurkan hak pilih.

“Kami juga masih terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar mereka paham pentingnya menyalurkan hak pilih,” katanya. (eri)

0 Komentar