oleh

‘Wakepo’ Permudah Pelayanan dan Informasi Berbasis WA

SUMEKS, Kota – Sistem pelayanan dan informasi kini menjadi semakin mudah dengan adanya ‘Wakepo’ yang dicetuskan oleh Diskominfo Kabupaten Sumedang.

Kabid Informatika Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang atau Diskominfosanditik, Arif menerangkan dua bulan lalu telah dilaunchingkan sebuah produk digital berupa single platform untuk mendapatkan informasi dan pelayanan online berbasis WA di Sumedang.

“Ini merupakan jalan pintas, showcase, single platform untuk memperoleh informasi dan pelayanan online berbasis WA atau Messaging,” ujarnya kepada Sumeks, Kamis (21/10) lalu.

Arif menambahkan alasannya membuat sebuah platform yang berbasis WA. “Karena hampir semua pengguna internet menggunakan WA, jadi informasi dan layanan online diakses seperti percakapan WA,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya ‘Wakepo’ ini akan mempermudah dan mempercepat proses pencarian informasi dan pelayanan. Karena dijalankan oleh mesin.

“Yang melayani mesin. Nanti masyarakat butuh apa dan mesin tersebut akan mengarahkan. Misal masyarakat butuh pelayanan terkait desa, nanti bisa dipilih saja di daftar layanan dan informasi yang ingin diakses terkait desa. Butuh perizinan, akan diarahkan langsung ke alamat web perizinan,” katanya.

Dia juga menjelaskan bagaimana cara kerja Wakepo tersebut sampai bisa memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara online.

“Tinggal ketik SIMPATI ke no kontak WAKEPO di 0811-2220-2220 nanti akan ada daftar pilihan informasi dan layanan yang ingin diakses. Setelahnya tinggal diikuti saja karena ini berbasis WA dan pengguna WA tidak akan asing terhadap fitur tersebut,” Paparnya. (Mg1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *