Bencana Cimanggung Harus Jadi Pelajaran

Bencana Cimanggung Harus Jadi Pelajaran
Anggota Komisi IV DPRD Sumedang Deni Agus Setiawan ketika menghadiri sebuah acara di kabupaten Sumedang, baru-baru ini. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

Memasuki Musim Hujan Harus Siap Siaga

SUMEKS, Kota – Anggota Komisi IV DPRD Sumedang Deni Setiawan menegaskan, beberapa bencana yang terjadi tahun lalu diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat. Begitu pula dinas terkait seperti BPBD, Dinsos, PUPR, Perkimtan dan lainnya.

“Mulai dari pemerintah tingkat desa sampai kabupaten harus siap siaga menghadapi musim penghujan saat ini,” ujar Deni saat berbincang dengan Sumeks, Selasa (26/10).

Menurutnya, banyaknya daerah rawan bencana di Kabupaten Sumedang yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Tidak boleh lagi ada korban jiwa seperti tahun lalu.

Baca Juga:Cimalaka Program vaksinasi Capai 70 PeesenDPMD Instruksikan Prokes Ketat Pada Pilkades

“Dimana, saat itu Kabupaten Sumedang masuk kategori bencana nasional. Seperti yang terjadi di Cimanggung dan banjir yang melanda Ujungjaya yang mengakibatkan korban jiwa dan materi yang sangat besar,” jelasnya.

Ditegaskan, beberapa langkah preventif harus dilaksanakan. Pemetaan daerah bencana harus senantiasa diperbaharui.

“Harus ada early warning dari pemerintah kepada masyarakat yang berada di zona bahaya,” tegasnya.

Dikatakan, saat ini musim hujan mulai sering terjadi dengan intensitas curah yang cukup tinggi, potensi longsor dan banjir sangat besar.

“Apalagi sekarang dengan adanya proyek jalan tol yang sedang dikebut penyelesaiannya. Sampai saat ini potensi terjadi bencananya sangat tinggi,” jelasnya. (atp)

0 Komentar