TKD Cieunteung Harus Berikan Manfaat Besar

TKD Cieunteung Harus Berikan Manfaat Besar
(Foto: Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Darmaraja -Tanah Kas Desa (TKD) Cieunteung, pengelolaannya harus dioptimalkan.

Seperti disampaikan Pjs Kepala Desa Cieunteung, Samin Samsudin, saat ini Pendapatan Asli Desa (PA Des) di Cieunteung masih nol besar.

Padahal setelah digali, ternyata banyak tanah kas desa yang bisa dimanfaatkan untuk menggali PA Des di desa tersebut.

“Selain dapat menciptakan PA Des, tanah kas desa juga bisa menjadi sarana pemberdayaa masyarakat,” katanya kepada Sumeks, Rabu (27/10).

Baca Juga:PTMT di SMK Ma’arif 2 Berjalan LancarElectrifiying Agriculture PLN Dukung Inovasi dan Kegiatan Ekonomi Produktif Modern Berbasis Pemanfaatan Energi Listrik

Namun lantara banyaknya tanah kas desa yang belum bisa dimanfaatkan, pihak desa harus terlebih dahulu menampung aspirasi masyarakat, terkait kesiapan untuk mengelola TKD tersebut.
“Mungkin untuk mengoptimalkan TKD perlu ada proses panjang agar semua bisa epektif,” ungkapnya.

Langkah awal yang harus dilakukan, yakni penertiban data TKD dan data pengelola TKD yang saat ini sedang berlangsung.

Selain itu, masih banyak upaya lain, untuk meningkatkan PA Des, seperti pengembangan usaha Bumdes, pemanfaatan potensi lingkungan atau letak geografis desa dan memanfaatan potensi-potensi lain dibidang perekonomian.

“Jika dilihat dari letak geografis, wilayah Desa Cieunteung sangat strategis untuk pengembangan usaha, karena terlintasi akses jalan provinsi,” tuturnya.

Dengan potensi TKD yang begitu besar, Samin berharap kepada Kepala Desa definitif nanti, bisa menciptakan PA Des sebesar – besarnya, bahkan harus mempunya inovasi yang bisa menciptakan trobosan baru untuk pengembangan ekonomi masyarakat dan PA Des nya.

“Itu sebuah PR besar bagi kepala desa nanti,” kata dia (eri)

0 Komentar