Dosen UPI Kolaborasi dengan Phranakhon Rajabhat University

Dosen UPI Kolaborasi dengan Phranakhon Rajabhat University
Dr. Enjang Yusuf Ali, M.Kom Dosen Pengampu Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Sumedang – Program internasionalisasi pendidikan menjadi salah satu inovasi yang dilakukan Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang di tahun 2021/2022. Yakni, Prodi PGSD melakukan kolaborasi bersama universitas luar negeri, yakni Phranakhon Rajabhat University, Bangkok, Thailand.

Dalam hal ini, dosen Phranakhon Rajabhat University, yakni Dr. Direk Pornshima akan berkolaborasi bersama dosen PGSD UPI Kampus Sumedang, dalam menyampaikan materi kuliah kepada para mahasiswa UPI Kampus Sumedang, untuk mata kuliah pengelolaan pendidikan.

Untuk Dosen Pengampu Mata Kuliah Pengelolaan Pendidikan dari UPI Kampus Sumedang, yakni Dr. Enjang Yusup Ali, M.Kom. dan Cucun Sunaengsih, M.Pd.

Baca Juga:UPI Kampus Sumedang Implementasikan Program Internasionalisasi PendidikanLaju Pertumbuhan Positif, Menko Airlangga: Pemerintah Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat

“Harapan kami, program ini memberikan sesuatu hal yang baru dan bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa, tentunya untuk bisa mendapatkan keilmuan yang lebih komprehensif tentang keilmuan yang ada di luar negeri, khususnya di kawasan Asia Tenggara,” ujar Enjang kepada Sumedang Ekspres, Selasa (16/11).

Enjang mengatakan, ada kesamaan antara materi pengelolaan pendidikan di PGSD UPI Kampus Sumedang dengan yang diajarkan di Phranakhon Rajabhat University.

“Setelah dilakukan kegiatan kolaborasi ini, para mahasiswa dapat menambah wawasan dan memberikan hal yang baru. Terutama kebiasaan dalam menggunakan bahasa asing, yakni bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional,” jelas Enjang.

Enjang juga melihat, melalui program ini juga memunculkan kebiasaan yang baik karena dilakukan dua arah. “Dalam hal ini, yang sifatnya saling memberikan wawasan, bagaimana cara menyampaikan pertanyaan yang baik, bagaimana cara belajar, mungkin di luar negeri lingkungannya seperti apa,” tutur Enjang.

Enjang mengatakan, meski saat ini baru sebatas dosen luar negeri yang datang ke UPI Kampus Sumedang, diharapkan kedepannya ada mahasiswa dari luar negeri yang menimba ilmu di UPI Kampus Sumedang. Begitupun sebaliknya, mahasiswa PGSD UPI Kampus Sumedang menimba ilmu di Phranakhon Rajabhat University.

Terlebih, kata Enjang, Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang sudah menjalin kesepakatan bersama atau MoU dengan Phranakhon Rajabhat University, pada program studi yang sama, pendidikan dasar di sekolah dasar.

Untuk itu, Enjang sangat berharap, kerja sama ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dan juga dosen. Yaitu bisa mengimplementasikan program yang sudah dicanangkan oleh prodi sesuai dengan IKU (indikator kinerja utama), sehingga PGSD UPI Kampus Sumedang bisa bersaing di level nasional maupun internasional. (ahm/adv)

0 Komentar