oleh

Masyarakat Diimbau Waspadai Penyakit Musim Penghujan

SUMEDANGEKSPRES.COM, Tanjungsari – Kepala UPTD Puskesmas Margajaya, Titim Adrianingsih mengimbau masyarakat agar mewaspadai berbagai macam penyakit yang muncul pada musim penghujan saat ini.

“Untuk itu kita minta masyarakat lebih waspada terhadap serangan penyakit yang biasa menyerang saat musim hujan ini,” ujarnya kepada Sumeks.

Titim mengatakan, keluhan pasien yang datang berobat ke Puskesmas Margajaya saat ini rara-rata  gatal-gatal, batuk, pilek dan diare. Itu bisa menyerang saat musim penghujan seperti saat ini.

“Diantara penyakit yang rentan menyerang masyarakat pada musim penghujan saat ini adalah batuk pilek, demam, dan diare,” paparnya.

Dia mengatakan, penyakit diare yang biasanya sering menyerang masyarakat saat musim hujan juga dapat berpotensi besar terjangkit saat kemarau.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar menutup tempat penampungan air serta wadahnya guna mengurangi risiko terserang diare. Serta, lingkungan harus bersih dari genangan air hujan.

“Kita memberikan penyuluhan dan imbauan kepada masyarakat tentang kemungkinan penyakit yang berkembang saat musim penghujan ini serta pencegahannya,” katanya.

Masalah kulit, lanjut Titim, menjadi yang paling sering dikeluhkan pasien saat berobat pada musim penghujan ini. Meski demikian, permasalahan tersebut masih bisa diatasi oleh pihak puskesmas.

“Pasien pun diberikan obat  kalau gatal-gatal, demam, batuk pilek masih bisa diatasi, masih bisa ditangani Puskesmas,” tuturnya. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *