Pemdes Pakualam Galakan Siskamling

Pemdes Pakualam Galakan Siskamling
Salah satu bencana alam yang terjadi di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja beberapa waktu lalu. (Foto: Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Darmaraja – Pemerintah Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja intruksikan warga untuk menggalakan Siskamling. Musim penghujan seperti saat ini biasanya sangat rawan terjadi bencana alam.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, para ketua RT dituntut dapat menggerakan masyarakatnya agar siaga bencana.

Kepala Desa Pakualam Sopian Iskandar menyebutkan, siaga diingkungan RT masing-masing merupakan salah satu upaya yang efektif untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan pada saat terjadi bencana alam pada malam hari.

Baca Juga:Polda Jabar Tetapkan Yana Jadi TersangkaMenko Airlangga Dorong Para Insinyur Kembangkan Riset dan Inovasi

“Dengan menyiagakan pos kamling di lingkungan masing-masing, maka setiap kejadian pada malam hari itu bisa teratasi,” ujarnya.

Dalam hal ini, lanjut Sopian, pihaknya berharap semua lapisan masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga ketentraman dan keselamatan lingkungan.

“Kuncinya ini harus ada kesadaran dari masing-masing masyarakat, agar punya kepedulian terhadap lingkungannya,” ucapnya.

Dikatakan, untuk menjaga keamanan lingkungan merupakan tugas semua pihak, jangan hanya mengandalkan Linmas.

“Keamanan lingkungan harus jadi tanggung jawab kita semua bukan hanya tugas linmas,” ungkapnya.

Sementara itu, Sopian mengungkapkan, pada saat ada kejadian di malam hari, biasanya lebih berpotensi dan berdampak besar untuk keselamatan masyarakat. Sebab, kebanyakan masyarakat akan lengah di malam hari.

“Bukan hanya pada musim hujan saja. Sebenarnya harus ada warga yang siaga pada malam hari, agar pada saat ada warga lain yang butuh bantuan pada malam hari, tinggal minta bantuan ke pos ronda,” tuturnya. (eri)

0 Komentar