Penguatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT

Penguatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Dr. Nurdinah Hanifah, MPd
0 Komentar

Penulis Artikel :
Nurdinah Hanifah, Ani Nur Aeni
Riana Irawati

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Karena media ini akan menciptakan learning community dalam kelas. Pemanfatan media yang relevan di dalam kelas dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi guru, media pembelajaran membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta belajar aktif. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas guru dan siswa untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Hasil jejak penelitian memperlihatkan adanya hambatan dalam pemanfaatan media dalam pembelajaran diantaranya Keterbatasan fasilitas yang dimiliki sekolah, guru menyatakan sekolah mereka memiliki fasilitas media yang terbatas, padahal tersedianya fasilitas di sekolah sangat mendukung dalam penggunaan media berbasis teknologi, hal lainnya adalah guru belum pernah mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT yang interaktif. Padahal jika ditelusuri lebih dalam Secara umum guru memiliki pemahaman yang positif mengenai pemanfaatan media dalam pembelajaran, para guru memandang perlunya memanfaatkan media dalam pembelajaran.

Melihat kondisi tersebut maka dilaksanakan kegiatan pengabdian dengan menggunakan metode Kegiatan berupa seminar dan Workshop kepada guru – guru SD yang dilakukan melalui zoom meeting. Kegiatan seminar meliputi pemaparan tentang pentingnya peran media dalam proses pembelajaran. Kegiatan Workshop meliputi kegiatan melatih dan meningkatkan kemampuan mendesain media pembelajaran interaktif, terlaksanakan dalam dua kali Pertemuan, pertama tanggal 03 Oktober 2021,serta tanggal 16 Oktober 2021 (disesuaikan dengan jadwal mengajar para guru, mengingat padatnya jadwal mereka). Jumlah guru yang berhasil mengikuti kegiatan pelatihan sampai selesai yaitu berjumlah 63 guru sekolah dasar.

Baca Juga:Puluhan Cabor Ikuti BK PorprovPuluhan Perupa melukis di Atas Ketinggian

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian (PkM-BHP) yang diketuai oleh Dr Nurlisah Hanifah M.Pd. dan beranggotakan Dr. Ani Nur Aeni, M.Pd. serta Riana Irawati,M.Si.

Melalui kegiatan ini, bahwa hampir semua peserta menyatakan bahwa pelaksanaan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi para pendidik, dan tingkat kepuasan peserta pun sangat puas dalam menerima pematerian dari narasumber. Peserta jadi mengetahui tentang pengembangan media berbasis ICT.

0 Komentar