Bupati Sumedang: ASN Harus Memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat

Bupati Sumedang: ASN Harus Memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat
Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat memberi sambutan, usia melantuk ratusan ASN di Lapang Upacara IPP Kabupaten Sumedang, Senin 6/12 (ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menginginkan agar para CPNS  yang baru dilantik menjadi PNS yang “BerAKHLAK” dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Pesan tersebut disampaikannya kepada 624 CPNS Kabupaten Sumedang yang diambil sumpahnya untuk diangkat menjadi PNS di Lapangan Upacara IPP, Senin (6/12).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, setiap ASN harus memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama yang terangkum dalam kata BerAKHLAK.

Baca Juga:Presidensi G20 Momentum Kepemimpinan Indonesia, Menko Airlangga Ajak Dunia Capai Pemulihan Ekonomi BerkelanjutanRawan Kejahatan, Jalan Raya Rancaekek – Majalaya Minim PJU

“Yang dimaksud BerAKHLAK adalah Berorientasi pelayanan, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kuntabel,” ujarnya.

Bupati berpesan agar ASN di Kabupaten Sumedang mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Bukan zamannya lagi, ASN ingin dilayani. Di setiap diri ASN harus tertanam jiwa melayani dengan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Bupati menambahkan, ASN juga harus memiliki kompetensi dalam menangani isu dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“ASN harus lincah dalam menghadapi berbagai disrupsi yang datang tidak menentu. Oleh karena itu, dibutuhkan kompetensi yang mumpuni,” katanya.

Harmonis diartikan bahwa ASN juga harus mampu menjaga hubungan yang baik dengan lingkungan sekitarnya, baik di lingkungan kerja maupun di masyarakat.

“Harmonis berarti ASN menjadi simbol kesatuan dan persatuan bangsa. Di samping itu, ASN juga harus loyal terhadap negara Indonesia,” katanya.

Baca Juga:Herd Immunity Desa Tenjolaya Capai 70 PersenSDN Neglasari Harapkan Gedung Perpustakaan

ASN juga dituntut untuk mampu beradaptasi dengan segala perubahan dan siap berkolaborasi dengan seluruh elemen bangsa untuk memberikan yang terbaik.

“Yang terakhir yakni Akuntabel, ASN bertanggung jawab dalam menggunakan sumber daya yang diamanahkan oleh negara,” ucapnya.

Dikatakan, BerAKHLAK hendaknya tidak sekedar menjadi jargon di kalangan ASN, tetapi benar-benar diamalkan untuk kemajuan.

“Hadirnya BerAKHLAK menjadi budaya kerja baru di kalangan ASN yang diharapkan mampu mendobrak stigma negatif masyarakat terhadap budaya kerja ASN,” tuturnya.

Bupati juga berpesan kepada PNS yang baru saja dilantik agar meluruskan niat untuk mengabdi kepada Allah dan kepada rakyat.

“Luruskan dengan niat ibadah. Kalau niatnya ibadah, insyaallah Allah akan memudahkan langkah dan hati kita untuk mengerjakannya, akan terus semangat dan terus termotivasi. Punya komitmen yang kuat,” katanya.

0 Komentar