Relawan Sumedang Bertolak ke Lumajang

Relawan Sumedang Bertolak ke Lumajang
Sejumlah Relawan Sumedang berkumpul di Kantor Kecamatan Jatinangor sebelum berangkat ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu malam (5/12) kemarin. (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS – Sejumlah Relawan Jatinangor Sumedang meluncur ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu malam (5/12). Para relawan tersebut berangkat, bertujuan untuk membantu para korban erupsi Gunung Semeru.

Diketahui, relawan tersebut berangkat dengan menggunakan kendaraan minibus pribadi dan kendaraan ambulan dari Ikatan Alumni Universitas Padjadaran.

Camat Jatinangor, Herry Dewantara, mengatakan para relawan yang berangkat merupakan gabungan relawan Jatinangor yang turut peduli terhadap bencana erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga:Jelang Nataru Harga Cabai MeroketBantuan Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Terus Berdatangan

“Para relawan ini merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara kita yang ada di Kabupaten Lumajang dan Malang,” ujarnya, kemarin.

Herry berharap, para relawan yang berangkat agar selalu berhati-hati serta mengikuti arahan dan prosedur dari tim gabungan

“Para relawan harus saling berkoordinasi dengan para anggotanya dan tidak lepas dari SOP yang ada disana,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Gabungan Relawan Jatinangor Kanda Sudiana menjelaskan, para relawan Jatinangor Sumedang  akan di komando oleh Pos Gabungan Siaga Bencana Provinsi Jawa Barat dan bergabung dengan tim gabungan yang sudah ada di lokasi.

“Unsur-unsur potensi SAR yang berangkat saat ini dibawah garis komando siaga bencana Provinsi Jawa Barat Semeru yang telah di deklarasikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,” terangnya.

Para relawan nantinya, lanjut Kanda, akan melaksanakan kegiatan berupa  operasi bantuan kemanusiaan dan Search And Rescue (SAR) korban Erupsi Gunung Semeru.

“Jadi kita sebagaimana arahan dari Gubernur Jawa Barat yang telah berkoordinasi dengan Bupati Lumajang dan Gubernur Jawa Timur, nantinya kita akan terjun ke medan lokasi yang telah diarahkan oleh tim gabungan disana,” jelas Kanda.

Baca Juga:Ekonomi Nasional Membaik Pengaruhi Kepuasan Kinerja Presiden JokowiSyarief Hasan Setuju Pemilu Dilaksanakan Februari 2024, Tapi Usul Pilkada di 2023

Kanda juga menambahkan, para relawan tersebut juga nantinya akan melakukan asessement terkait kebutuhan bantuan apa yang diperlukan oleh para korban terdampak disana.

Gabungan relawan Jatinangor ini terdiri dari Alumni Fakultas Pertanian Unpad, Komunitas 4x4WD Sadulur Sajalur, Imec Jabar, FKPPI, Viking Persib Club Jatinangor, Wanapala, Care U, Yayasan Riksa Bumi (YRB) dan perwakilan unsur Ormas/LSM. (kga)

0 Komentar