Bumdes Cempaka Akan Kembangkan Kopi

Bumdes Cempaka Akan Kembangkan Kopi
NET/ILUSTRASI
0 Komentar

Kelola Wisata Cigirang

SUMEKS – Pemerintah Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua mengukuhkan pengurus Bumdes Cempaka. Acara pengukuhan pengurus Bumdes yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, di laksanakan Selasa (7/12) lalu.

Kepala desa Cilangkap Irma Taryana menyebutkan, pengukuhan pengurus Bumdes Cempaka ini telah disahkan. Ini merupakan hasil dari musyawarah bersama dengan unsur masyarakat, lembaga, RT/RW dengan disaksikan kades, perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkantibmas.

“Tinggal selanjutnya nanti pelaksanaan pelantikan, dan sekaligus penetapan pengawas serta penyusunan AD/ART. Kemudian, penyerahan berupa modal awal dan MoU antara Bumdes dan Pemdes Cilangkap mengenai aset desa yang akan di limpahkan untuk dikelola Bumdes,” ujar Irma, belum lama ini.

Baca Juga:Kutamaya Nalegong Ditambal URCTLPemdes Ranggon, Optimalkan Sarana Olahraga

Dikatakan, kalau ke pengurusan Bumdes sudah terbentuk, pasti harus ada usaha yang dikelola. Untuk itu, ada sebagian asset desa seperti kolam renang Cigirang pasti dilimpahkan ke Bumdes.

“Dan juga ada modal awal berupa uang yang jelas nanti pada waktunya akan diserahkan setelah proses legalitas dan AD/ART beres,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bumdes Cempaka yang baru dikukuhkan Amir Saefudin menyebutkan, progres pertama pihaknya akan membagikan benih kopi ke warga untuk ditanam di lahan milik desa seputar Puncak Manik.

“Ini sudah disiapkan, baik benih maupun pemasarannya akan kembali ditampung Bumdes. Jadi  kami membuat kerjasama dalam pengembangan budidaya kopi dengan masyarakat,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, ada lagi potensi usaha berupa pengelolaan obyek wisata Cigirang, penyediaan gas elpiji, serta pengolaan pembayaran listrik warga.

“Semuanya sudah kami rencanakan dan mudah-mudahan bisa terwujud dan berjalan lancar sesuai harapan,” tuturnya.

Ditegaskan, minimal dengan melimpahnya potensi yang ada di wilayah Desa Cilangkap, Bumdes Cempaka bisa menjadi pengelola yang akan menghasilkan rupiah serta meningkatkan perekonomian masyarakat demi kemajuan warga dan Desa Cilangkap. (atp)

0 Komentar