Sukajaya Fokus Menerapkan Bantuan Rutilahu

Sukajaya Fokus Menerapkan Bantuan Rutilahu
Kepala Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, Sukana berfoto Bersama dengan penerima manfaat Rutilahu Uyung. (Achmad Sofa/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan sudah beberapa minggu ini melaksanakan kegiatan penerapan bantuan rutilahu (Rumah Tidak layak Huni) dengan memperbaiki rumah salah seorang warganya yang tidak mampu.

Adapun sumber bantuan Rutilahu ini didapatkan dari Program Bank Sumedang, seperti yang dismpaikan Kepala Desa Sukajaya Sukana kepada Sumeks kemarin Selasa(14/12).

“Allhamdulillah pada tanggal 15 Nopember 2021 kami mendapatkan bantuan 1 unit rumah dari Program Rutilahu Bank Sumedang, untuk bantuan Rutilahu sudah disepakati untuk disalurkan bagi warga kami yang kurang mampu atas nama ibu Uyung warga RT 01 RW 08 dusun Darmaga,” ujarnya.

Baca Juga:Geber Vaksin, Girimukti Capai 82 PersenFraksionasi Plasma Miliki Potensi Pasar yang Besar, Menko Airlangga: Kemampuan Industri Farmasi Dalam Negeri Menjadi Penting

Untuk pengerjaan, lanjut Sukana pemasangan pondasi rumah, telah dimulai pada tanggal 29 November 2021 dan dihentikan selama satu minggu karena cuaca hujan yang terus menerus serta adanya tenaga ahli bangunan yang menyelasaikan pekerjaanya ditempat lain.

Sukana menambahkan terkait pelaksanaan penerepan pembangunan bantuan Rutilahu ini pihaknya dibantu oleh swadaya warga baik berupa tenaga maupun bahan bangunan seperti bambu juga konsumsi.

“Untuk itu saya berterimakasih kepada semua warga yang sudah membantu dan kepada Bank Sumedang yang telah menyalurkan bantuan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, disinggung masalah Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan program vaksin pemerintah, Sukana menyampaikan jika BLT DD tahun 2021 di Desa Sukajaya telah tuntas di salurkan sampai tahap 12 kepada sekitar 56 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Terkait dengan vaksinasi, dari jumlah sasaran vaksin 5687, warga yang terdata sudah di vaksin itu sejumlah 5044 dan yang belum vaksin sejumlah 643. Mudah-mudahan minggu ini untuk data sasaran vaksin bisa naik karena masih berjalanya program jemput bola dari puskemas ke tiap Posyandu yang ada di wilayah Desa kami,” tuturnya. (ahm)

0 Komentar