Saluran Irigasi tidak Memadai, Jalan Tergenang

Saluran Irigasi tidak Memadai, Jalan Tergenang
JALAN JADI RUSAK: Genangan air kerap menutupi Jalan Raya Darmaraja-Sumedang akibat tidak memadainya saluran irigasi di Jalan Jalan Rd Umar Wirahadikusuma (Darmaraja-Sumedang).  (FOTO:HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, SITURAJA – Akses Jalan Rd Umar Wirahadikusuma (Darmaraja-Sumedang), kondisinya rusak akibat tergerus air. Ada beberapa titik ruas jalan yang tergerus akibat luapan air dari saluran irigasi.

Pantauan Sumeks di lapangan, ada beberapa saluran irigasi yang sering meluap. Seperti di Desa Cikeusi (Andir), Desa Karangpakuan (Karanganyar), perbatasan wilayah Darmaraja-Cisitu (Tanjakan Eba), betulan Pasir Ingkik, betulan Desa Situmekar tepatnya di depan kantor Kecamatan Cisitu dan masih ada beberapa titik lagi di wilayah Kecamatan Situraja.

Andri, salah seorang pengguna jalan menyebutkan, saat turun hujan di sepanjang Jalan Darmaraja-Sumedang banyak banjir yang disebabkan luapan air dari drainase yang ada di pinggir jalan.

Baca Juga:Kwarran Cimalaka Intensif Pelatihan di Samalengoh CampWisata Cileungsing Bagi-bagi Tiket Gratis, Ini Syaratnya

“Sangat tragis, saluran air di beberapa titik selalu saja tidak mampu menampung air, dampaknya luapan air masuk ke badan jalan dan sering menyebabkan banjir, hal itu membuat kami tidak nyaman,” katanya kepada Sumeks, Minggu (2/1).

Selain tidak nyaman, juga bisa mempercepat rusaknya badan jalan, bahkan jalan yang belum lama ini ditambal bisa kembali berlubang.

“Bagaimana jalan ini mau bertahan lama, kalau saluran irigasinya seperti ini (tidak tertata dengan rapih) ,” kata dia.

Diketahui, penyebab irigasi meluap lantaran tersumbat sampah.

“Seharusnya ini secepatnya dinenahi dari mulai pengelolaan sampah sampai perbaikan saluran irigasi agar lebih layak,” kata warga lainnya, Indra.

Kata Indra, dengan kondisi seperti itu, salah satu bukti bahwa kurang adanya perhatian dari pemerintah. (eri)

0 Komentar