Warga Harapkan Adanya Pintu Tol, Menunjang Area Pariwisata di Buahdua-Conggeang

Warga Harapkan Adanya Pintu Tol, Menunjang Area Pariwisata di Buahdua-Conggeang
GEBER: Pembangunan jalan tol Cisumdawu di wilayah Kecamatan Conggeang terus dilaksanakan. Beberapa pekerja saat membuat jembatan di Dusun Kawungluwuk Desa Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang, kemarin. (ATEP BIMO AS/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, BUAHDUA – Beberapa desa di Kecamatan Buahdua dan Conggeang menginginkan adanya gerbang tol wilayah Kecamatan Conggeang atau di perbatasan Kecamatan Conggeang dan Buahdua.

Para kepala desa di dua kecamatan tersebut menilai gerbang tol diperlukan untuk menunjang beberapa kawasan wisata. Karena, banyaknya kawasan wisata akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung.

“Kami menilai, di wilayah tersebut diperlukan gerbang tol atau minimal pintu keluar tol dari dua arah karena untuk menunjang daerah wisata. Seperti, Cipanas Sekarwangi, Cipanas Cileungsing, Talaga Biru dan Bendungan Cipanas yang sedang dibangun saat ini,” ujar Kepala Desa Sekarwangi Ade Nanan kepada Sumeks, Selasa (4/1).

Baca Juga:Alun-alun Gelap, Jadi Keluhan WargaTerganjal Masalah Relokasi, Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Hanya Wacana

Selain itu, kata dia, di wilayah Kecamatan Conggeang dan Buahdua banyak produk UMKM yang menjadi andalan Kabupaten Sumedang. Seperti opak, tahu, selai pisang, abon lele dan lainnya.

“Dengan adanya gerbang tol, pemasaran UMKM Sumedang di wilayah Kecamatan Conggeang dan Buahdua akan terbantu. Selain di tempat wisata, para pengunjung juga bisa datang langsung ke pabriknya,” tukasnya.

Nanan mengatakan, dirinya beserta beberapa kepala desa telah mengusulkan keinginan para kepala desa saat rapat membahas analisa dampak lingkungan pembangunan Tol Cisumdawu di Bandung beberapa waktu lalu. Pihak Satker Tol Cisumdawu merespon usulan tersebut.

“Namun sampai sekarang belum ada kejelasan. Kita hanya berharap, namun yang di atas yang menentukan,” jelasnya.

Ditegaskan, kalau ada gerbang tol di wilayah Kecamatan Conggeang ataupun di perbatasan Conggeang-Buahdua akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Terkadang, para wisatawan hanya akan datang jika didukung akses yang mudah menuju lokasi kawasan wisata.

“Masyarakat di kawasan wisata akan meningkat taraf hidupnya seiring banyaknya wisatawan yang datang. Mereka bisa berdagang atau pun melakukan pekerjaan lainnya di tempat wisata tersebut,” jelasnya.

Dia pun berharap, keinginan para kepala desa di Kecamatan Buahdua dan Conggeang bisa terealisasi. “Mudah-mudahan bisa terwujud adanya gerbang tol tersebut ” tutupnya. (atp)

0 Komentar