Rumah Imperium Perkenalkan Wayang Millenial di Sumedang

Rumah Imperium Perkenalkan Wayang Millenial di Sumedang
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Sumedang – Rumah Imperium kembali melakukan sebuah inovasi dalam melestarikan budaya nusantara.

Melalui sebuah acara Talkshow yakni ‘Rumah Imperium Talk’  dengan Tema Wayang Millenials yang diadakan secara daring melalui platform media sosial instagram pada, Jumat (7/1/2022) Muhammad Reza Syariffudin Zaki atau Reza Zaki,  sebagai Ketua Rumah Imperium  mengatakan bahwa acara tersebut  merupakan sebuah bentuk kreativitas generasi millenials di Kabupaten Sumedang dalam upaya melestarikan budaya lokal yakni wayang golek.  Selain itu menurunnya minat dan bakat generasi millenials terhadap wayang golek menjadikan salah satu acuan mengapa acara tersebut dilaksanakan”  ujarnya.

Zaki berharap dengan adanya edukasi mengenai budaya lokal salah satunya wayang golek dengan menggunakan media kekinian dapat meningkatkan animo generasi millenial terhadap minat dan bakat generasi millenials terhadap wayang golek.

Baca Juga:Realisasikan PEN di Awal Tahun, Menko Airlangga: Pemerintah Genjot Perekonomian MasyarakatKesiapsiagaan BPBD Sumedang Hadapi Puncak Musim Hujan

Apalagi, perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi yang berkembang dengan pesat. Menyebabkan akselerasi informasi budaya seakan tidak memandang jarak dan waktu serta degradasi budaya lokal kian terasa.

Sementara itu narasumber Rumah Imperium Talk Fajar Yusuf  atau dikenal juga dengan Kang Ajay, Sebagai pelopor Wayang Millenilas mengatakan bahwa wayang millenials hadir dengan mengutamakan permasalahan generasi millenials yang enggan terlibat dalam dunia seni perwayangan karena stigma Wayang adalah sebuah seni yang kuno dan udik.

Berbeda dengan wayang konvensional, wayang millenials miliknya dipastikan memiliki esensi berbeda. “Wayang millenials itu salah satu cirinya ialah tokoh wayangnya menggunakan tokoh-tokoh modern, tidak seperti wayang konvensional yang menggunakan tokoh-tokoh kuno dalam perwayangan seperti gatot kaca,” ucapnya.

Apalagi, wayang millenilas ini dalam pengambilan tema ceritanya menggunakan tema-tema terkini, namun tidak mengesampingkan nilai wayang yang begitu kental.

“Jadi cerita wayang millenials itu mengangkat cerita-cerita terkini yang disukai oleh anak muda tidak hanya meceritakan kisah ramayana dan mahabharata. Jadi diharapkan anak muda lebih tertarik”, Ujar Kang Ajay dalam perbicangan bersama Host Rumah Imperium Talk Hazmin Zaidan.

0 Komentar