Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Sekolah Dasar Negeri Mukti Jaya 03

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Sekolah Dasar Negeri Mukti Jaya 03
Anis Huriyatunnisa dan Azzahra Rahma Haqiki
0 Komentar

Kegiatan Kampus Mengajar PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang

Oleh: Anis Huriyatunnisa dan Azzahra Rahma Haqiki

Kampus mengajar adalah suatu program yang dirancang oleh kemendikbud sebagai program yang dapat menjadi solusi pada permasalahan pendidikan yang ada di masa pandemi covid-19. Di Indonesia masalah pendidikan selalu menjadi masalah yang tak kunjung selesai, salahsatunya yaitu tidak meratanya pendidikan di Indonesia.

Maka dari itu munculah inovasi baru dari pemerintah yaitu program Kampus Mengajar. Selain itu kampus mengajar juga merupakan sebuah program dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman.

Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang melibatkan mahasiswa di setiap kampus dari berbagai latar belakang pendidikan dan non pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah, khususnya pada jenjang pendidikan dasar dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Baca Juga:Jalan Rusak, Warga Minta PerbaikanDewan Minta Pemkab Atasi Tagihan Kontraktor, Lahan Relokasi OTD Jatigede Menjadi Polemik

SD Negeri Mukti Jaya 03 merupakan salah satu Sekolah Dasar yang berada di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) tepat nya di Kp. Mangga, RT.004/RW.4, Muktijaya, Kec. Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17320. SDN Muktu Jaya memiliki 1 kepala sekolah dan 6 Guru. Kemudian SDN Mukti jaya juga memiliki 6 ruang kelas, 2 kamar mandi, 1 ruang guru dan tidak terdapat ruang perpustakaan.

Keadaan bangunan SDN Muktijaya 03 beberapa ada yang mengalami kerusakan pada bagian atap dan lantai, akan tetapi keadaan lingkungan SDN Muktijaya 03 sangat terlihat rapi dan tertata terutama halaman sekolahnya, namun karena wilayah SDN Muktijaya 03 ini berada di pedalaman yang membuat sulitnya mendapatkan sinyal jaringan internet, hal ini yang menjadi salah satu hambatan pembelajaran daring. Maka dari itu pembelajaran di SD Negeri Mukti Jaya 03 saat ini menggunakan pembelajaran jarak jauh.

Semangat belajar peserta didik selama pandemi COVID-19 sangat antusias dan ada juga beberapa siswa yang kehilangan semangat dan motivasi belajar selama masa pandemi covid-19.

0 Komentar