Longsor Tutupi Akses Cibugel-Garut

Longsor Tutupi Akses Cibugel-Garut
Jalan penghubung Desa Buana mekar Kecamatan Cibugel- Selaawi Limbangan belum bisa dilintasi kendaraan umum akibat tanag menutupi jalan akibat longsor.
0 Komentar

SUMEDANG.JABAREKSPRES.COM – Musibah longsor terjadi di Cipicung Dusun Cipere, Desa Buana Mekar Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Peristiwa ini, mengakibatkan akses jalan penghubung Desa Buana mekar Kecamatan Cibugel- Selaawi Limbangan tertutup.

Kapolsek Cibugel Iptu Ucu Abdurahman mengatakan pergeseran tanah atau longsor terjadi Kamis 13 Januari 2022 malam sekitar pukul 19 55.

“Untuk mengevaluasi bongkahan tanah, kondisi saat ini menunggu kedatangan alat berat dari Pemkab Sumedang,” terang Ucu kepada wartawan, Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga:Pemulihan Ekonomi Membaik, Menko Airlangga Dorong Universitas Cetak Wirausahawan BerkualitasPohon Tumbang Rawan Terjadi di Cadas Pangeran

Ia menjelaskan tindakan yang dilakukan jajaran Polsek Cibugel, yakni menghimbau warga agar tidak mendekat lokasi longsor. Ini tujuannya untuk mencegah pergeseran tanah susulan.

“Evakuasi material longsor menunggu alat berat. Forkopimcam juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, terutama dari BPBD yang akan membantu menggunakan alat berat untuk menangani material longsoran berupa tanah, batu, dan pepohonan,” paparnya.

Saat ini, pihaknya menempatkan anggota di lokasi kejadian untuk memastikan tidak ada warga yang mendekat ke lokasi agar tidak terjadi hal hal yang diharapkan.

“Anggota kami ditempatkan di lokasi kejadian memantau secara langsung kondisi di lapangan,” jelas dia.

Selain anggota Polsek ada juga dari Kecamatan Cibugel, anggota Satpol PP, Dishub serta relawan lainya.

Tidak ada korban dalam peristiwa bencana longsor tersebut, namun hingga saat ini kondisi jalan belum bisa dilintasi kendaraan umum. (kos)

0 Komentar