Kejar Target 60 Persen, Turunkan Level ke PPKM 1

Kejar Target 60 Persen, Turunkan Level ke PPKM 1
NET ILLUSTRASI
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Dinas Kesehatan Sumedang menargetkan untuk vaksinasi Covid-19 bagi lansia dapat mencapai 60 persen hingga Rabu (19/1). Target tersebut agar Kabupaten Sumedang secepatnya turun ke PPKM Level I.

Kepala Dinas Kesehatan, Dadang Sulaeman mengatakan, Kabupaten Sumedang saat ini masih di PPKM Level 2. Hal itu karena capaian vaksinasi lansia hingga kemarin atau per tanggal 17 Januari 2022 baru mencapai 59,83 persen dari target 60 persen.

“Sumedang masih di PPKM Level 2 karena vaksinasi lansianya masih kurang 0,17 persen. Diitargetkan hari ini atau besok dapat mencapai 60 persen,” ucap Dadang saat dihubungi melalui sambungan telpon, Selasa (17/1).

Baca Juga:Pemda Belum Respons Tagihan Pematangan LahanTruk Tanki Terperosok, Lalin Macet Berjam-jam

Sebagai upaya untuk mencapai target tersebut, kata dia, pihaknya belum lama ini telah menggelar rapat dengan seluruh kepala puskesmas. Salah satunya membahas soal prioritas vaksinasi untuk lansia.

“Sebelumnya telah melaksanakan vaksinasi dengan cara jemput bola  langsung  ke rumah-rumah,” tandasnya.

Dikatakan, saat ini telah banyak lansia yang telah mau divaksin. Meski begitu, pihaknya pun tidak memungkiri masih ada sejumlah kendala yang dihadapi.

“Seperti lansia yang komorbid yang tidak memungkinkan untuk divaksin, terus ada lansia yang sedang sakit, atau ada juga kendalanya saat lansia yang tidak mau divaksin dengan alasan karena tidak bepergian kemana-mana. Nah ini yang terus kita berikan edukasi agar pada akhirnya mau divaksin,” ungkapnya.

Capaian vaksinasi dosis I dan dosis 2 serta vaksinasi anak sudah sangat baik. Hanya saja capaian vaksinasi lansia yang tinggal 0,17 persen saja dari target 60 persen.

“Kala vaksin lansia sudah 60 persen, kita kemungkinan dapat turun ke PPKM Level I. Namun, tetap menunggu keputusan dari Dinas Kesehatan Provinsi,” jelas Dadang

Data dari Dinkes per tanggal 17 Januari 2022 tercatat untuk vaksinasi Covid dosis I telah mencapai 75,74 persen. Vaksinasi dosis II telah mencapai 66,32 persen.

Baca Juga:Dorong Pertumbuhan Ekonomi di 2021, Menko Airlangga: Pemerintah Perluas Akses Pembiayaan UMKM di 2022Menko Airlangga: Pemerintah Berlakukan Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga, Rp 14.000 Per Liter

Vaksinasi lansia sendiri untuk dosis I telah menyasar sebanyak 74.840 orang (59,83 %),  dosis II sebanyak 62.453  orang (49,94 %) dan dosis III 181 orang (0,14 %) dari total sasaran 125.047 orang.

Kabupaten Sumedang sendiri dalam sepekan terakhir ini tidak ditemukan adanya kasus baru Covid-19 atau zero COVID19.

“Kita tetap melakukan testing dan tracing bahkan diatas seribu orang tapi alhamdulillah tidak ditemukan ada yang positif,” pungkas Dadang.(kga)

0 Komentar