Kuntilanak Biru, Jenis Kunti Paling Menyeramkan

Kuntilanak Biru, Jenis Kunti Paling Menyeramkan
Kuntilanak Biru, Jenis Kunti Paling Menyeramkan (istimewa)
0 Komentar

SUMEDANG.JABAREKSPRES.COM – Umumnya kuntilanak adalah makhluk halus yang digambarkan seorang wanita dengan pakaian putih lusuh, namun tahukah kamu bahwa ada kuntilanak yang berwarna biru?

Karena digambarkan dalam wujud menyeramkan, kuntilanak menjadi hantu favorit di dunia perfilman Indonesia.

Sudah puluhan film bergenre horor di Indonesia, menjadikan kuntilanak sebagai ide cerita utamanya.

Baca Juga:Suara Peralatan Dapur Dipercaya Dapat Mengembalikan Orang yang Diculik Wewe GombelMentri PPPA Setuju Herry Wirawan Dapat Hukuman Mati dan Kebiri Kimia

Kuntilanak merupakan hantu yang memiliki ciri khas, suara tawanya yang melengking ditambah gaun putih kusam, dan rambut panjang terurai yang menutupi sebagian wajahnya.

Tempat yang menjadi kesukaanya adalah pohon waru miring, atau dalam istilah lain ‘waru doyong’, juga bangunan tua yang sudah lama tidak dihuni.

Beberapa kepercayaan di masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa, kuntilanak paling senang mengganggu wanita hamil dan bayi yang baru lahir.

Sehingga untuk menangkal gangguan, gunting, pisau kecil, paku dan peniti sering dibawa oleh wanita hamil atau disematkan di baju bayi yang baru dilahirkan.

Menurut kepercayaan masyarakat, untuk melumpuhkan serangan kuntilanak, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak.

Sementara dalam kepercayaan masyarakat lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas, atau bagian ubun-ubunnya.

Nama kuntilanak berasal dari kata Pontianak, kota di Pulau Kalimantan yang merupakan asal usulnya.

Baca Juga:Ucapan Arteria Dahlan Sulut Kemarahan Orang Sunda, DKS Sumedang: Sikap RK Sudah TepatArteria Dahlan Rasis? Kajati Jabar: Saya Fokus Penegakan Hukum

Pontianak atau puntianak merupakan singkatan dari perempuan mati beranak, yang merupakan mitos kuat yang beredar.

Kota Pontianak mendapat namanya karena konon Abdurrahman Alkadrie, pendiri Kesultanan Pontianak, diganggu hantu ini ketika akan menentukan tempat pendirian istana.

Beberapa versi mengatakan, kuntilanak atau kunti memiliki wujud wanita cantik, tetapi ada juga yang menyebut kuntilanak adalah sosok perempuan yang memiliki lubang di punggung yang sering disebut sundel bolong.

Mas Oji, salah seorang ahli supranatural asal Cirebon mengatakan, hantu kuntilanak bisa dikategorikan menurut warna kain yang dikenakan.

“Umumnya kuntilanak berkain putih, tetapi kalau menemukan yang biru, itu yang paling ganas. Kuntilanak biru itu jarang dijumpai karena seringnya di hutan belantara” ujar Mas Oji.

Pria berpenampilan kalem ini menambahkan, hantu kuntilanak juga sering digunakan oleh para dukun untuk melancarkan sihir kepada orang yang dituju.

0 Komentar