Hujan Deras, Lahan Pertanian Rusak Parah

Hujan Deras, Lahan Pertanian Rusak Parah
Kepala Desa Wanajaya Erwan Riswanto bersama unsur Forkopimcam Surian saat melakukan pengecekan TPT Jembatan Cikandung, beberapa waktu lalu. (istimewa)
0 Komentar

sumedang.jabarekspres.com – Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kawasan Desa Wanajaya beberapa waktu lalu, menyebabkan lahan pertanian rusak dan infrastruktur mengalami kerusakan.

“Kerusakan infrastruktur yang terjadi diantaranya Tembok Penahan Tebing (TPT) jembatan Cikandung mengalami kerusakan di dua titik,” ujar Kepala Desa Wanajaya Erwan Riswanto kepada Sumeks, Rabu (26/1).

Selain itu, kata dia, kerusakan juga terjadi pada Tanaman Kedelai dengan luas lahan 16,5 Hektar dengan umur tanaman 10 Hari Setelah Tanam (HST). Kemudian, tanaman padi di Blok Laban dengan luas lahan 11,5 Hektar dan umur tanaman 75 – 90 HST.

Baca Juga:Vaksinasi diatas 75%, Covid Malah Muncul Kembali?Antisipasi Longsor, BPBD Lakukan Identifikasi Pergerakan Tanah

“Masih ada juga tanaman jeruk sebanyak 1.400 pohon dengan umur tanaman 3 tahun dan pohon pisang sebanyak 1.075 rumpun dengan umur tanaman antara 8 – 11 bulan,” jelasnya.

Dikatakan, kerusakan yang terjadi akibat adanya terjangan banjir dan longsor akibat luapan Sungai Cikandung. “Selain itu, adanya angin kencang dan keadaan tanah yang labil serta rawan longsor,” tandasnya.

Dalam peristiwa itu, kata dia, tidak ada korban jiwa. Serta, kerugian yang terjadi belum bisa diprediksi.

“Kami pun selalu mengimbau agar warga selalu waspada. Dikhawatirkan kejadian tersebut akan terulang,” pungkasnya. (atp)

0 Komentar