Motivasi Warga, Muspika Cisitu Gelar Lomba Siskamling

Motivasi Warga, Muspika Cisitu Gelar Lomba Siskamling
Babinsa dan Bhabinkamtibmas melatih fisik anggota Linmas di Kecamatan Cisitu, beberapa waktu lalu. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang.jabarekspres.com – Memotivasi masyarakat, Muspika Kecamatan Cisitu menggelar lomba siskamling di tingkat kecamatan. Hal itu dilakukan untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat menjaga keamanan lingkungan.

Mengingat saat ini puncak musim penghujan, maka masyarakat harus benar-benar menjaga kesiagaan bencana alam di masing-masing wilayah. Apalagi bagi warga yang bermukim di wilayah pegunungan.

“Saat ini kita tengah persiapan untuk gelar lomba Siskamling. Bahkan, dari jauh-jauh hari masyarakat sudah aktif gelar siskamling,” kata Kapolsek Cisitu Iptu Awang Munggardijaya SH, Rabu (26/1).

Baca Juga:Cikole Gelar Pelantikan Empat Perangkat DesaLirik dan Chord If Ain’t Got You – Alicia Keys : Some People Want It All

Dia menerangkan, ada beberapa kriteria yang masuk dalam penilaian muspika. Salah satunya kelengkapan pos kamling.

Menurutnya, pada pos kamling tersebut harus terdapat fasilitas yang bisa digunakan pada saat darurat. Seperti pentungan, peta wilayah kontrol, alat tulis untuk daftar tamu dan kelengkapan lainnya.

“Kita akan nilai dari segi kelengkapan pos kamlingnya dan keaktifan Linmas dan masyarakatnya untuk gelar siskamling,” katanya.

Dikatakan, pihaknya juga akan menilai kemampuan bela diri petugas linmas. Sebab, untuk melindungi mayarakat harus punya kemampuan bela diri dan kebugaran tubuh.

“Linmas juga dituntut mahir bela diri. Makanya dari jauh-jauh hari Babinsa dan Bhabinkamtibmas melatih fisik para linmas melalui baris berbaris,” katanya.

Semenatra itu, Camat Cisitu Drs H Edi Wahyu menyebutkan, lomba Siskamling itu merupakan upaya unsur forkopimcam untuk menambah semangat kepada petugas linmas dan masyarakat untuk tetap siaga. Sebab, dengan adanya lomba mereka punya target untuk menjadi juara.

“Sekarang saja sudah terlihat ada reaksi dari masyarakat giat menjalankan siskamling. Namun, hal itu harus terus dijalankan tidak hanya pada moment lomba saja,” jelasnya.

Baca Juga:Alasan Prof Quraish Shihab Tidak Mau Disebut HabibSopir Angkot dan Kernet Rampok dan Perkosa Penumpang Wanita Lalu Dibuang ke Sungai

Perlahan, kata dia, pihaknya akan berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

“Dengan adanya lomba ini, saya berharap semangat masyarakat untuk menjaga keamanan bisa ditingkatkan,” ucapnya. (eri)

0 Komentar