Jalan Erosi, PDAM Perbaiki Pipa di Cimareme

Jalan Erosi, PDAM Perbaiki Pipa di Cimareme
PDAM Tirta Medal Sumedang memasok air bersih ke warga yang kekurangan air akibat erosi jalan, belum lama ini. (Dok. Sumeks)
0 Komentar

sumedang.jabareskpres.com – Secara umum erosi dapat terjadi karena pengikisan tanah oleh air. Ketika tidak adanya vegetasi yang tumbuh diatas tanah tersebut, padahal dengan adanya vegetasi membuat air tertahan oleh akar. Sehingga, tidak langsung turun terutama pada lahan miring.

Perumda Air Minum Tirta Medal Kabupaten Sumedang selaku penyedia air minum melalui jaringan perpipaan, mengalami dampak dari erosi tersebut. Salah satunya pipa transmisi jalur Cipongkor wilayah Pelayanan Cabang Sumedang Selatan yang berlokasi di Cimareme terbawa erosi tanah pada Sabtu (15/1) lalu.

Dengan rusaknya pipa transmisi diameter 6 inch jalur Cipongkor, Wilayah Pelayanan Cabang Sumedang Selatan yang berlokasi di Cimareme, mengakibatkan terganggunya pelayanan ke beberapa tempat. Diantaranya Samoja, Pasanggrahan atas, Lebakhuni, Cikondang, kawasan Kodim 0610 dan Kebonkalapa.

Baca Juga:Gerbang Tol Cisumdawu Rancakalong Diganti Jadi PamulihanRumah Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Sumedang Kebobolan Maling

Adapun upaya yang akan dilakukan perbaikan, adalah menyuplai air bersih melalui Mata Air Nangtung, Instalasi Pengolahan Air Nangorak dan Instalasi Pengolahan Air Ciguling ditambah dengan armada tangki.

Selain itu, sebelumnya pipa transmisi Cabang Ujungiaya mengalami kerusakan juga, akibat Jalan Nasional Sumedang- Cirebon amblas. Tepatnya di blok Cireki, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang pada hari Selasa (11/1) lalu.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan perbaikan pipa Cireki yang ditangani oleh Cabang Ujungjaya dan dibantu oleh Pusat untuk sementara dapat diselesaikan dengan baik.

Oleh karena itu, Perumda Tirta Medal Sumedang mengimbau para pelanggan, untuk menampung air karena kondisi alam tidak dapat diprediksi yang mengakibatkan gangguan pelayanan distribusi air bersih melalui jaringan perpipaan.

(Bagian Pelayanan Perumda Tirta Medal).

0 Komentar