Hari Jadi ke 50, Basarnas Selenggarakan Donor Darah

Hari Jadi ke 50, Basarnas Selenggarakan Donor Darah
Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah bersama Ketua pengurus PMI Kabupaten Sumedang Drg Agus Rasjidi saat memantau kegiatan baksos donor darah di kator SAR Bandung. (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Memperingati Hari jadi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) ke- 50, berbagai kegiatan dilakukan. Diantaranya kegiatan donor darah yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang selalu memiliki angka peminat cukup tinggi.

“Secara serentak bakti sosial donor darah ini dilakukan di seluruh Indonesia lantaran merupakan rangkaian HUT ke 50 Basarnas bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sumedang,” kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah didampingi istrinya Sandra Deden di kantornya, Rabu (2/2).

Deden menjelaskan, tidak hanya dari kalangan petinggi Basarnas, antusias yang cukup tinggi datang juga dari TNI, Polri serta masyarakat umum lainnya yang ikut berpartisipasi.

Baca Juga:Kecelakaan Truk Box Masuk Parit, Taman Endog MacetWarga Perbaiki Jalan Penghubung Dua Desa

Dijelaskan, kegiatan di kantor SAR Bandung bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sumedang ini untuk memenuhi target 300 labu darah untuk kebutuhan masyarakat umum.

Deden berharap, target itu bisa tercapai demi memenuhi kebutuhan stok darah untuk PMI Kabupaten Sumedang. Meskipun begitu para peserta donor dibatasi dan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes)

Sementara, Ketua pengurus PMI Kabupaten Sumedang Drg Agus Rasjidi mengatakan dengan adanya pandemi Covid-19 tentunya berpengaruh terhadap stok darah.

“Kebutuhan normal stok darah setiap bulannya sekitar 1200 labu darah, namun saat ini karena pandemi stok darah marah ada 600 hingga 900 labu saja,” terang Agus.

Tentunya, kata Agus, dengan adanya gerakan bakti sosial donor darah ini harapanya stok darah bisa mencukupi jika dibutuhkan masyarakat.

“Kegiatan baksos donor darah seperti ini tentunya akan menguntungkan buat kami (PMI) dalam jumlah pasokan stok darah,” paparnya. (kos)

0 Komentar