Peran BUMD Harus Dirasakan Manfaatnya di Daerah

Peran BUMD Harus Dirasakan Manfaatnya di Daerah
Heri Ukasah Anggota DPRD Jawa Barat (istimewa)
0 Komentar

Sumedangekspres, BANDUNG – Saat ini, diakui peran Pemerintah Provinsi Jabar untuk meningkatkan kualitas kerja BUMD, secara kontinu terus dilakukan setiap tahun. Beragam fasilitas yang dilakukan mulai dari evaluasi kinerja, penyertaan modal serta penguatan kelembagaan.

Khusus untuk penyertaan modal, itu dialokasikan dari dana yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar yang Nota Bene didanai dari anggaran dari pajak masyarakat. Jadi, hal itu membawa konsekuensi peran BUMD harus memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat .

Khusus bagi Kabupaten Sumedang, satu BUMD yaitu PT Tirta Gemah Ripah sangat dinanti perannya. Karena, PT TGR yang saat ini bergerak dalam pengelolaan air, selama ini bahan baku yang diolah berasal dari Waduk Jatigede. Jadi sudah sepantasnya PT TGR memberikan atensi ke Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:Minyak Goreng Langka, Pengusaha Tahu Sumedang Harus Kehilangan LabaProdusen Batasi Minyak Goreng ke Pengecer di Sumedang

Hal ini diungkapkan Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar Dapil Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang, Heri Ukasah Sulaeman dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Heri mengatakan saat ini DPRD Jabar bersama Pemerintah Provinsi Jabar Berencana untuk mengubah Perda PT TGR. Point perubahan itu diantaranya perubahan badan hukum dari PT menjadi Perseroan Terbatas

“Rencana perubahan badan hukum ini, merupakan respon dari amanat dari UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,” kata Heri.

Point berikutnya, kata dia, adalah penetapan kepemilikan saham Pemerintah Provinsi Jabar, dengan rancangan di Perda baru nanti mencapai 51 persen.

“Target penetapan kepemilikan saham ini diharapkan bagi PT TGR, dapat memperkuat kinerjanya terutama menarik investor untuk mengelola usahanya,” jelasya.

Heri memaparkan seiring dengan kondisi masih kondusifnya, investasi di Jabar, yang menempatkan Jabar sebagai juara investasi, diharapkan dapat membuka investasi baru di bidang pengelolaan air .

“PT TGR saat ini mengelola usaha di SPAM dan PLT Minihidro semoga saja bisa meyakinkan para investor untuk berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang ada di PT TGR,” katanya.

Baca Juga:Jelang Pilkada, Bawaslu Audiensi ke Wakil Bupati SumedangNIB Bangkitkan Iklim Usaha Kondusif pada UMKM Sumedang

Dikatakan, khusus untuk SPAM Jatigede saat ini sudah sukses memfasilitasi air bersih untuk rumah tangga di wilayah Sumedang dan Ciayumajakuning.

0 Komentar