Awasi Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Darmaraja Kontrol Kesehatan Masyarakat

Awasi Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Darmaraja Kontrol Kesehatan Masyarakat
Petugas tengah memeriksa kesehatan masyarakat dengan teliti, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Kontrol kesehatan masyarakat merupakan bagian dari upaya puskesmas mengawasi kesehatan masyarakat. Pemerintah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja dan Puskesmas Darmaraja melakukan kerjasama pengontrolan kesehatan kepada 100 orang warganya.

Kegiatan yang diinisiasi Puskesmas tersebut bertujuan untuk mengawasi warga Desa Tarunajaya agar yang memiliki penyakit Penyakit Tidak Menular (PTM) terdeteksi lebih dini dan bila yang sudah memiliki penyakit tersebut bisa terpantau.

“Dengan adanya program tersebut, kita bisa mengetahui kondisi kesehatan masyarakat. Pada saat ada indikasi penyakit bisa ditangani lebih dini,” kata Bidan Desa Tarunajaya Ai Dedah kepada Sumeks, Rabu (23/2).

Baca Juga:Erick Thohir: Pemberdayaan UMKM BRI Jadi Lokomotif Ekonomi Pro-RakyatAtasi DBD dengan Fogging, Jentik Tidak Mati?

Sementara, Kepala Desa Tarunajaya Endas Jauharudin menyebutkan, kondisi kesehatan masyarakat pada masa pancaroba seperti saat ini memang perlu ada perhatian khusus. Dengan begitu, adanya program tersebut dari puskesmas diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya saat ini.

“Program ini memang sangat penting, kalau bisa dilakukan rutin setiap satu atau dua bulan sekali,” katanya.

Dia menilai, tanpa harus mengeluarkan biaya, masyarakat bisa mengetahui kondisi tekanan darah, asam urat, kolestrol dan gula darah. Saat dari salah satunya ada yang bermasalah, maka masyarakat bisa mengendalikannya dari sejak dini. Seperti merubah pola makan dan menjaga kesehatannya.

“Misalkan hasil pemeriksaan ternyata ada yang bermasalah dengan kolesterol nya, sebelum bertambah parah, maka warga bisa mengantisipasinya dengan merubah pola makan,” kata dia. (eri)

0 Komentar