Hama Wereng Serang Tanaman Padi

Hama Wereng Serang Tanaman Padi
Hamparan padi di Dusun Cileuweung Desa Tarunajaya terdeteksi terkena hama wereng. Padahal, tinggal beberapa minggu lagi panen (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Hama wereng mulai mengusik petani padi di kawasan Kecamatan Situraja dan Darmaraja. Padahal, para petani hanya tinggal  menunggu masa panen tiba, kurang lebih satu bulan mendatang para petani akan meraup untung dari panen padi yang ditanamnya.

Namun, saat ini petani mulai diresahkan oleh serangan hama wereng yang bisa membuat gagal panen para petani.

Seorang petani padi di Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja, Engkus menyebutkan, sudah ada beberapa titik tanaman padi petani yang diranjah hama wereng tersebut. Salah satunya di blok Cileuweung.

Baca Juga:Dinas Pertanian Sumedang Klaim Stok Pupuk AmanBerniat Menurunkan Angka Kemiskinan, Dinas Sosial Sumedang Membuat Program KUBE

“Sudah ada beberapa tanaman padi yang diserang hama wereng. Bahkan, tanaman padi tersebut sudah tinggal nunggu beberapa pekan lagi untuk panen,” katanya kepada Sumeks, Rabu (23/2).

Dikhawatirkan, kepungan hama tersebut akan lebih meluas lagi. Sebab, sejauh ini para petani sudah mengeluarkan biaya yang cukup besar, mulai dari biaya tanam padi sampai perawatan padi selama kurang lebih dua bulan.

“Kita sangat khawatir, soalnya sebentar lagi kan sudah mau panen, kita juga sudah keluar biaya banyak,” kata dia.

Oleh sebab itu, petani meminta pihak terkait segera kontrol ke lapangan dan memberikan solusi untuk pencegahan hama tersebut sebelum tersebar luas.

“Seharusnya pihak terkait segera turun ke lapangan untuk melakukan pencegahan agar sebaran hama tersebut tidak meluas,” katanya. (eri)

0 Komentar