Ridwan Kamil Meresmikan Pasar Cisarua, Gelontorkan Anggaran Rp 23 Miliar

Ridwan Kamil Meresmikan Pasar Cisarua, Telan Anggaran 23 Miliar
Ridwan Kamil Meresmikan Pasar Cisarua, Telan Anggaran 23 Miliar (Ist)
0 Komentar

sumedangekspres, BOGOR – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor, setelah sekian lama terbengkalai. Anggaran sebesar Rp 23 miliar pun digelontorkan Pemprov Jabar untuk pembangunan pasar tersebut.

“Dengan bangga, gembira, di hari ini saya resmikan Pasar Cisarua yang puluhan tahun kumuh dan tidak tertata sekarang jauh lebih baik,” ujar Ridwan Kamil, Sabtu (26/2/2022).

Menurut Ridwan Kamil yang juga tokoh nasional, kini pasar terluas pertama di Jabar tersebut memiliki pembangunan baru dengan tatak letak yang rapih dan bersih, sehingga lebih steril dari sebelumnya.

Baca Juga:Permudah Transaksi Nasabah di Kawasan ASEAN, BRI Pacu Penggunaan QR Cross BorderTingkatkan Hunian Layak Bagi Masyarakat, Airlangga: Sektor Properti Jadi Salah Satu Prioritas

“Pasar Cisarua ini ada juga food court sehingga lebih modern. Jadi bisa bersaing dengan supermarket,” kata Ridwan Kamil yang ramai diperbincangkan masuk bursa capres 2024 ini.

Dia mengaku, untuk pembangunan Pasar Cisarua tersebut menelan biaya sebesar Rp29 miliar terdiri dari anggaran provinsi sebesar Rp23 miliar, dan anggaran Pemkab Bogor Rp6 miliar.

Bahkan dia menargetkan, ada 10 pasar Jabar yang ditargetkan memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI)

“Semua pasar kita perbaiki, yang belum SNI kita SNI kan. Target kita 10 pasar tapi sekarang baru 7 pasar yang sudah SNI,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Iendra Sofyan, mengatakan revitalisasi dilakukan agar para pedagang dapat menjual dagangannya lebih nyaman dan bersih.

“Revitalisasi ini tentunya akan ada dampak pada pedagang dan pembeli, pedagang nyaman berjualan, pembeli akan menikmati ketika belanja,” kata dia.

Menurutnya Pemprov akan berkoordinasi dengan pengelola Pasar untuk memfasilitasi atau memprioritaskan pedagang lama agar bisa berjualan di lokasi yang sudah direvitalisasi.

Baca Juga:Tanggap Bencana Gempa Pasaman Barat, BRI Bangun “Posko BRI Peduli” Bantu Warga TerdampakSukses Jalankan Transformasi Digital, 96,7% Nasabah BRI Gunakan Digital Channel

Namun dia meminta agar pada pedagang ataupun pembeli bisa menjaga kebersihan dan keamanan, sehingga bisa sesuai dengan standar nasional.

“Saya minta semua dapat menjaga kebersihan dan keamanan, sehingga revitalisasi sesuai dengan standar nasional. Dengan begitu pengunjung bisa lebih banyak dan para pedagang bisa menjual dagangannya semaksimal mungkin, kalau bisa sampai jangan ada jualan yang tersisa,” kata dia.

Dia juga berharap penataan pasar dapat memulihkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. “2022 ini momen yang baik untuk pemulihan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Jabar sudah baik, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Diharapkan revitalisasi pasar ini akan meningkatkan lagi,” pungkasnya. (*)

0 Komentar