Nekat Keluar Kerja, Dede Kini Sukses Budidaya Guppy, Ikan Dibandrol Ratusan Dollar

Nekat Keluar Kerja, Dede Kini Sukses Budidaya Guppy, Ikan Dibandrol Ratusan Dollar
Pengusaha ikan hias Dede saat memberi pakan ikan di tempat budidayanya, kemarin (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Modal nekat, Dede Ramadhan keluar dari pekerjaanya di salah satu perbankan untuk membudidayakan ikan hias, salah satunya adalah Guppy. Tak sampai disitu, ikan hasil budidayanya sudah dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga ke luar negri.

Dede sudah menekuni ikan hias sudah dari lama, bermula dari hobby hingga akhirnya Dede mampu mencetak ikan ikan kelas kontes. Ada empat jenis ikan yang kini dibudidayakan Dede diantaranya Guppy, Platy, Molly dan Brushmouth.

Sebelum berhasil di dunia ikan hias, Dede pun sempat membudidayakan ikan Gurame. Namun pasar ikan konsumsi yang kecil membuat dirinya harus gulung tikar.

Baca Juga:Kopi Dari Hati, Sajikan Kopi UnggulanHobi Aquatic Plant, Jadi Untung Jutaan

Selain itu, Dede pun pernah terjun ke ikan Arwana, namun hasilnya sama hingga akhinya Dede pun terjun ke dunia ikan Guppy, Platy, Molly dan Brushmouth.

“Dulu saya pernah terjun ke ikan Gurame, namun saat penjualan cukup sulit karena pasarnya kurang. Sempat menyuplai ke beberapa restoran namun begitu di Sumedang pasarnya kurang. Arwana juga sempat tapi tau sendirilah ikan seperti itu bagaimana,” ucap Dede, Selasa (1/3).

Akhinya Dede pun beralih ke empat jenis ikan tersebut. Bukan main main ikan hasil budidaynya menghasilkan ikan dengan kelas premium atau kelas kontes. Bahklan, ikan hasli budidayanya sudah ada yang dibandrol ratusan Dollar Amerika.

“Kemarin saya kirim ikan ke Brazil ikan Molly Walk Tail Flower, ikan saya dihargai 145 Dollar untuk setiap pasangnya,” tambah Dede.

Kini, Dede pun sedang berfokus membudidayakan ikan Guppy jenis Golden yang indukannya langsung impor dari luar negeri. Ikan Guppy Golden tersebut pun memiliki target pasar untuk Eropa dan Asia.

“Sekarang sedang difokuskan Guppy Golden untuk pasar luar negeri,” jelas Dede.

Ikan hias berukuran kecil tersebut terbilang gampang untuk dibudidaya, tak perlu repot seperti ikan lainnya. Dede sendiri memakai banyak metode untuk membudidayakan ikan ikannya, dari mulai menggunakan bak kontainer hingga kolam terpal.

Baca Juga:Wagub Jabar : Jadikan Momentum Isra Mi’raj Sebagai Spirit BerintegritasMomentum Isra Mi’raj, Ridwan Kamil Ajak Ulama Senantiasa Jaga Kondusivitas di Jawa Barat

Perlu diketahui ikan ikan yang dibudidayakan Dede merupakan ikan ikan yang sangat populer, ukurannya yang hanya 4cm hingga 6cm tersebut memiliki banyak penggemar. Karena, terbilang mudah dalam segi perawatan, ikan tersebut pun sering dijadikan ikan penghias di Aquascape. (kga)

0 Komentar