Claustic Music Store, Dikenal Hingga Luar Kota

Claustic Music Store, Dikenal Hingga Luar Kota
Pemilik Claustic Music Store Budi saat memainkan gitar (REXI CASNARI LAMDU/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Claustic Music Store adalah toko alat musik di daerah Sumedang yang berlokasi di Jalan Palasari, Kotakulon, Sumedang Selatan.

Dirintis sejak 2014 oleh Budi yang dulunya bekerja sebagai farmasi. Namun, dia memberanikan diri keluar dari zona nyaman dan mencoba peruntungan sebagai pengusaha.

“Mulai merintisnya dari tahun 2014 sampai sekarang masih berjalan. Saya sendiri sebetulnya basic pendidikan kimia analis dan kerja di farmasi 9 tahun. Namun akhirnya mencoba banting setir ingin usaha sendiri dari hobi yaitu musik,” ujar Budi ditemui Sumeks di tempatnya, belum lama ini.

Baca Juga:Tertarik Beras Murah, Tertipu Hingga Puluhan JutaBansos Dari Kementerian Harus Disalurkan Tunai, Kecuali Ada Kesepakatan Dengan Penerima Manfaat

Berangkat dari hobi, akhirnya usahanya semakin melesat. Awalnya membuat gitar custom sendiri, kini dirinya membeli gitar dari pabrik ternama langsung. Bahkan, sampai dari luar negeri seperti Taiwan.

“Untuk barangnya saya langsung dari pabrik, awal buka usaha bikin sendiri malah karena masih banyak waktu luang. Sekarang saya langsung dari pabriknya kaya ‘Yamaha’ dan ‘Cort’. Importnya dari Taiwan langsung pakai peti kemas,” paparnya

Penjualan yang dilakukan lebih banyak lewat offline. Tokonya telah menarik pembeli tidak hanya dari Sumedang, namun juga luar kota seperti Subang hingga Garut.

“Penjualan 25 persen online tapi untik offline banyak yang kesini dari luar kota kaya Subang, Majalengka, Jatinangor sampai Garut kesini datang,” ungkap Budi

Seperti usaha lainnya, usaha toko alat musik Claustic milik Budi juga mengalami dampak pandemi dari segi penjualan. Bahkan pabrik gitar pun menurunkan angka produksi. Namun demikian dirinya mendapat berkah lain dari jasa service gitar yang juga ia tekuni.

“Pandemi ini sangat berpengaruh, bahkan dari pabriknya ada penurunan produksi, jadi sangat berpengaruh. Justru yang mengalami kenaikan adalah lebih ke service gitar karena banyak juga yang datang dan saya menerima service gitar,” jelasnya

Terkait harga, Budi memaparkan
Claustic Music Store ada gitar pemula seharga Rp.250.000 hingga gitar original diatas Rp 1 juta.

Baca Juga:Vaksinasi, Sasar Jemaah Masjid AgungAntusiasme Pecinta Sepak Bola Dorong Kebangkitan UMKM Bali

“Gitar pemula ada yang Rp.250.000 bertahap sampai 850.000. Yang original dari sejutaan sampai keatas lengkap disini,” pungkasnya. (rxi-job)

0 Komentar