Damkar Sumedang Butuh Perhatian Pemkab

Damkar Sumedang Butuh Perhatian Pemkab
Beberapa petugas Damkar Kabupaten Sumedang saat melaksanakan tugas memadamkan api, beberapa waktu lalu. (dok sumeks)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Saat ini Kabupaten Sumedang tengah berupaya membentuk kawasan wisata untuk meningkatkan ekonomi. Serta, melakukan pemberdayaan masyarakat.

Semakin banyaknya aktivitas masyarakat serta perputaran ekonimi di Sumedang dengan adanya kawasan wisata, maka kebutuhan dalam pengamanan wilayah perlu ditingkatkan. Termasuk, bidang pemadam kebakaran.

Kebutuhan dasar Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Sumedang masih butuh perhatian. Pasalnya, tak hanya armada yang kurang, Alat Perlindungan Diri (APD) hingga jumlah anggota atau Sumber Daya Manusia (SDM) pun belum ideal.

Baca Juga:Kekurangan Fisik Tidak Menjadi Halangan Untuk BerusahaPelatihan Kader PMII, Lahirkan Pemimpin Masa Depan

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPRD Sumedang, Rahmat Juliadi mengatakan, minimnya alat, armada hingga SDM Damkar di Sumedang perlu jadi prioritas sebagai tingkat pengamanan antisipasi musibah kebakaran.

“Jadi pariwisata itu harus ditunjang dengan banyak faktor, mulai aksesnya, emanitas, sarana pendukung termasuk akses keamanan,” katanya kepada Sumeks, belum lama ini.

Menurutnya, apabila terjadi kebakaran di tempat wisata yang lokasinya terbilang jauh dan sulit terjangkau petugas Damkar karena jaraknya, maka bisa berdampak musibah.

“Kita juga tidak ingin di tempat-tempat wisata yang misalkan ramai jumlah pengunjungnya banyak tapi jadi musibah karena pengamanannya itu tidak ada misalkan,” katanya.

Rahmat menuturkan, memenuhi perhatian terhadap Damkar Pemda Sumedang diharapkan bisa mengalokasikan dana khusus yang cukup.

“Saya berharap perhatian dari Pemda Sumedang untuk bisa mengalokasikan anggaran yang memadai untuk pengadaan unit Damkar, termasuk untuk pemeliharaannya,” imbuhny.

Dia menerangkan, untuk membangun kawasan wisata, maka Sumedang perlu meningkatkan aspek pendukung lain, termasuk Damkar.

Baca Juga:Jabar Himpun Tanah dan Air dari 27 Kabupaten untuk IKN di PenajamAgen BRILink, Keagenan Bank Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

“Kalau tidak ada pengamanannya itu juga tidak bagus kalau terjadi seperti itu. Jadi pada saat kita mengembangkan sektor wisata di Sumedang, tentu harus disiapkan segala aspek pendukungnya,” ucap Rahmat.

Dia pun menjelaskan, selain ditingkatkannya armada, alat hingga SDM Damkar, Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang juga harus memperhatikan pemeliharaannya.

“Jangan sampai sudah dilakukan pengadaan tidak dipelihara dengan baik, sehingga akibatnya banyak unit-unit tidak berfungsi,” ujarnya.

Ditegaskan, terakhir tidak kalah penting juga itu peningkatan SDM, harus diperhatikan baik jumlah juga statusnya. “Kasihan juga kalau mereka sudah berkontribusi dan berkorban tapi statusnya tidak jelas,” tutup Rahmat. (kos)

0 Komentar