Hujan, Sebabkan Rumah Longsor di Perumahan Asabri

Hujan, Sebabkan Rumah Longsor di Perumahan Asabri
Seorang petugas dari BPBD Kabupaten Sumedang saat diwawancara Sumeks, kemarin. (SITI DAHLIA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Hujan deras mengguyur wilayah Sumedang Kota selama dua hari menyebabkan longsor di Perumahan Asabri Blok B3 7No 126 Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara, Jumat (11/3) sekitar pukul 13.55.

Selain hujan, longsor di perumahan asabri itu juga disebabkan tanah di wilayah tersebut tidak stabil. Serta, posisi rumah warga yang tepat berada di sisi tebing.

“Saya lagi nelpon, terus hujan deras. Saya lihat pohon di belakang rumah itu jatuh ke bawah. Langsung saya minta laporan ke pak RW, sebelum menghubungi ke BPBD,” ujar Ketua RT setempat Apong Hapidoh kepada Sumeks Jumat (11/3).

Baca Juga:Jalan Amblas, Antrean Capai Empat KilometerPohon Besar Tumbang, Satu Orang Tewas Tertimpa

Sementara itu, seorang petugas BPBD Kabupaten Sumedang mengatakan tidak ada korban jiwa di kejadian ini. Hanya, posisi rumah menggantung di sisi tebing.

Disebutkan, longsor kali ini bukan kejadian yang pertama, sebelumnya pernah terjadi longsor pada tahun 2005.

“Kejadian ini diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi, selain hujan juga ada aliran drainase yang tidak bisa menampung air hujan,” jelasnya.

Dijelaskan, BPBD Sumedang melakukan upaya dengan penutupan longsor dengan terpal. Kemudian, pemasangan garis polisi serta semua penghuni rumah diungsikan.

“Antisipasi adanya longsor susulan, kami menutupi kelongsoran itu dengan terpal,” lanjutnya. (dhl/job)

0 Komentar