Hasil Survei : Rakyat Jawa Barat Lebih Puas Dipimpin Ridwan Kamil Daripada Jokowi

Hasil Survei : Rakyat Jawa Barat Lebih Puas Dipimpin Ridwan Kamil Daripada Jokowi
Hasil Survei : Rakyat Jawa Barat Lebih Puas Dipimpin Ridwan Kamil Daripada Jokowi (ist)
0 Komentar

sumedangekspres, BANDUNG – Masyarakat Jawa Barat (Jabar) ternyata lebih puas dipimpin Ridwan Kamil sebagai gubernur, daripada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini, tergambar dari hasil survei yang menyatakan mayoritas rakyat Jawa Barat puas dengan kepemimpinan Ridwan Kamil.

Kepuasan tersebut, juga tercermin dalam hasil survei yang menyatakan bahwa masyarakat lebih puas pelayanan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ketimbang pemerintah pusat.

Baca Juga:Lirik Lagu Runtuh – Feby Putri ft Fiersa Besari : Tak Perlu Khawatir Ku Hanya TerlukaLirik Lagu Sisa Rasa – Mahalini : Mengapa Masih Ada, Sisa Rasa

Hasil sigi Lembaga survei Charta Politika Indonesia di Jawa Barat menunjukkan tingginya angka kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil).

Kepuasan terhadap lelaki berdarah pasundan yang digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) 2024 nanti itu lebih dari 70 persen.

Sebaliknya kepuasan terhadai pemerintahan pusat di bawah Presiden Joko Widodo atau Jokowi di bawah 70 persen, di mana 30,6 persen kurang puas dan tidak puas sama sekali.

“Masyarakat Jawa Barat lebih puas dengan kinerja pemerintah provinsi dibandingkan dengan pemerintah pusat,” demikian kesimpulan sigi yang dirilis Rabu, 16 Maret 2022 ini.

Survei: Masyarakat Jawa Barat Puas Dipimpin Ridwan Kamil

Survei ini mencoba membaca perilaku dan pilihan masyarakat terkait tiga aspek.

Pertama, kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah pusat dan provinsi.

Kedua, pengetahuan pelaksanaan Pemilu 2024 dan wacana penundaan Pemilu.

Ketiga, elektabilitas pemilihan gubernur, presiden, dan partai politik.

Tapi hanya di Jawa Barat, elektabilitas Ridwan Kamil menjadi kedua tertinggi yaitu 20,8 persen, meskipun yang jadi pilihan tertinggi responden di Jawa Barat adalah Prabowo dengan elektabilitas 24 persen.

Survei dilakukan 3 sampai 9 Februari 2022. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuisioner terstruktur.

Baca Juga:Lirik Lagu NIKI – Every Summertime, OST. Sang Chi: Baby, I’d Give Up Anything to Travel Inside Your MindLirik Lagu Darari – Treasure, Lagu Viral di Tiktok

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei di Lampung melibatkan 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen.

Di Jawa Barat melibatkan 1200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Terakhir, 1210 responden di Jawa Timur dengan margin of error kurang lebih 2,82 persen.

Berikutnya.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyebut ketiga provinsi dipilih karena masyarakatnya cenderung tidak homogen dan jumlah penduduknya banyak.

0 Komentar