Kreasi Bambu, Butuh Perhatian Pemerintah

Kreasi Bambu, Butuh Perhatian Pemerintah
Beberapa perajin bambu di Sumedang membutuhkan perhatian pemerintah dalam melakukan usahanya. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pelaku kreasi bambu bermunculan disekitar Kecamatan Darmaraja.

Pantauan Sumeks, beberapa perajin ukiran yang menggunakan bahan baku bambu sudah ada beberapa orang yang eksis di Kecamatan Darmaraja.

Salah satu pelaku kreasi bambu, Diding menyebutkan, dirinya menekuni kreasi bambu tersebut dari dua tahun ke belakang. Awal menyukai seni dengan menggunakan bahan baku bambu terinspirasi banyaknya bambu yang kurang produktif.

Faktanya, sebagian besar masyarakat hanya menggunakan bambu untuk salah satu bahan bangunan, pagar dan kayu bakar. Padahal bambu manfaat bambu lebih daripada itu. Pohon bambu mengandung nilai seni yang khas dan unik.

Baca Juga:Polda Jabar Bina Perajin Senapan Angin CipacingPerguruan Tinggi Didorong Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik 

“Mungkin kebanyakan masyarakat memandang bambu hanya sebatas tumbuhan biasa yang hadir berdampingan dengan manusia. Tetapi ditangan orang-orang kreatif ini bisa jadi beragam produk yang punya nilai seni,” kata dia kepada Sumeks, belum lama ini.

Diding menyebutkan, untuk saat ini dirinya baru mampu membuat kerajinan bambu yang sederhana. s

Seperti kondom korek gas, kotak penyimpanan rokok, gelas, pas bunga bermotif sepeda dan beberapa jenis kreasi lainnya.

“Kita baru mampu berkreasi memproduksi beberapa jenis benda saja, termasuk kujang pusaka yang terbuat dari bambu,” katanya.

Namun, sampai saat ini hasil kreasinya itu masih belum bisa diandalkan untuk menjadi pundi-pundi uang. Meski sebenarnya hasil kreasinya itu punya nilai jual.

“Sampai saat ini masyarakat belum mengenal kreasi yang kami buat. Mungkin untuk kedepan harus ada pameran minimal ditingkat kecamatan atau wilayah, untuk menampilkan hasil kreasi bambu dari beberapa pelaku,” katanya.

Namun, setelah pameran dilaksanakan harus ada tindak lanjut untuk membuatkan galeri khusus kerajinan bambu dari mulai produk buhun sampai moderen.

Baca Juga:Jalan Pasanggrahan – Padasuka Dipenuhi Sampah Bupati Dorong UMKM Sumedang Memiliki NIB

“Saya berharap ada galeri yang khusus menampung hasil kreasi bambu, dari mulai perabotan rumah tangga yang terbuat dari anyaman bambu seperti bakul, aseupan, kipas (hihid) sampai kreasi modern,” pungkasnya. (eri)

0 Komentar