Kodam III Siliwangi Monitoring Demplot di Cimalaka

Kodam III Siliwangi Monitoring Demplot di Cimalaka
Anggota TNI dari Kodam III Siliwangi memberikan arahan kepada para petani di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Kodam lll Siliwangi melakukan kegiatan monitoring ketahanan pangan serta pengarahan kepada kelompok tani penggarap, meliputi pengecekan produk administrasi dan pengecekan kegiatan model pilot projek lahan Bios 44 di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, Senin (28/3).

“Jadi kami kesini untuk melakukan pengarahan kepada kelompok tani penggarap, pengecekan produk administrasi, pengecekan kegiatan model pilot projek lahan Bios 44 di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang,” ujar DPP Pabandya Wanwil Kodam III Siliwangi Mayor Kov Kiswanto di Cimalaka.

Kegiatan lain yang ditinjau meliputi peternakan seperti domba bantuan dari Dinas Peternakan serta Tanaman Bios 44 Demplot, seperti jagung hibrida betras, bawang merah, singkong, pepaya dan pisang.

Baca Juga:Sampeu Wedang Masih Ramai di RancakalongBerdayakan Kelompok Perempuan, BRI Dorong “Poklahsar Bilvie” Pasarkan Produk Ikan Bandeng Hingga Keluar Negeri

“Ada tinjauan dari kami meliputi peternakan seperti domba bantuan dari Dinas Peternakan dan tanaman bios seperti jagung hibrida betras, bawang merah, singkong, pepaya,  pisang, mangga, durian, alpukat, petay, tomat, dan cabe,” ucap Kiswanto.

Dia mengatakan, program Bios 44 yang digulirkan Kodam III Siliwangi, ditujukan untuk mendongkrak ketahanan pangan dengan meningkatkan produksi di bidang pertanian, perkebunan, perikanan maupun peternakan.

“Program ini di tujukan untuk mendongkrak ketahanan pangan dengan meningkatkan produksi, baik di bidang pertanian, perkebunan, perikanan maupun peternakan,” ucap  Kiswanto.

Kiswanto juga berharap kegiatan ini bisa memotivasi petani untuk menggunakan Bios 44 DC hingga hasil panen berlimpah dan dapat mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid -19.

Sekarang ini, dan penggunaan bios 44 itu sendiri sangat efisien dalam penggunaannya, serta memiliki keunggulan tidak hanya untuk pertanian saja.

Sementara itu, Pasiter Kodim 0610 Sumedang Kapten Inf Dedi Ruanto melalui Batiter Kodim 0610 Sumedang Pelda Danang menyampaikan pihaknya kepada sudah membuat demplot yang luasnya mencapai tiga hektar. Hasil dari pemanfaatan bios sudah terbukti bagus, sudah dibuktikan beberapa tanaman dengan hasilnya sangat memuaskan.

Danang juga merasa bangga dengan keberhasilan Kodam III Siliwangi atas pembuatan demplot bekas galian pasir dan menjadi solusi lahan pertanian. Serta, mengapresiasi kepada Dinas Peternakan atas pemberian domba sebanyak 39 ekor dan berharap bahwa lahan sebesar 3 hektar itu bisa di kembangkan lagi menjadi lahan pertanian. (wly/job)

0 Komentar