Perkuat Layanan Informasi Melalui Peranan KIM

Perkuat Layanan Informasi Melalui Peranan KIM
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosanditik, Saepul Amin saat menjelaskan terkait KIM, kemarin. (ist)
0 Komentar

 

Hal yang sama disampaikan Ketua Forum KIM Kabupaten Sumedang Maman Koswara.

Menurut Maman, selain sebagai mitra dialog pemerintah maupun dengan masyarakat, KIM memiliki tugas memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota.

Sehingga dalam melaksanakan perannya, para pengelola KIM dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat dan bangsa.

Baca Juga:Puting Beliung Sapu Rumah WargaSolar Langka, Berimbas Kepada Sektor Perekonomian

“Keberadaan KIM sangatlah penting, mengingat saat ini kita sudah hidup berdampingan dengan teknologi yang super cepat. Hal ini tentunya sangat berdampak pada banyaknya informasi yang dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai media,” ujar Maman.

Kemudahan informasi ini, ternyata malah kerap menimbulkan persoalan. Seperti halnya, sering munculnya berita-berita bohong atau hoaks yang informasinya mengandung sensasional, memicu perdebatan, dan sebagainya.

“Disinilah peran KIM sangat diperlukan. KIM harus bisa menetralisisasi informasi, serta mampu memilih dan memilah informasi sebelum nantinya disebarluaskan kepada masyarakat,” ujar Maman.

Kegiatan roadshow sosialisasi penguatan kelembagaan KIM yang dilaksanakan Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang secara continue ini, melibatkan narasumber dari Forum KIM Sumedang, dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang. (Diskominfosanditik)

0 Komentar