Perkuat Layanan Informasi Melalui Peranan KIM

Perkuat Layanan Informasi Melalui Peranan KIM
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosanditik, Saepul Amin saat menjelaskan terkait KIM, kemarin. (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Selama hampir dua pekan ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) terus konsen melakukan penguatan layanan informasi publik. Hal itu dilakukan dengan cara mengoptimalkan peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kecamatan.

Sebagaimana diketahui, KIM merupakan salah satu lembaga layanan publik yang sengaja dibentuk untuk membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Guna lebih mengoptimalkan peran KIM dalam penyampaian informasi, Diskominfosanditik kini terus gencar melakukan sosialisasi penguatan kelembagaan KIM, melalui kegiatan roadshow ke seluruh kecamatan.

Baca Juga:Puting Beliung Sapu Rumah WargaSolar Langka, Berimbas Kepada Sektor Perekonomian

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosanditik, Saepul Amin  mengatakan, kegiatan roadshow sosialisasi penguatan kelembagaan KIM yang dilakukan selama hampir dua pekan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengelola KIM di kecamatan.

“Tujuan utama dari kegiatan roadshow itu, tiada lain untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, dan kearifan para pengelola KIM. Sekaligus untuk mendorong berkembangnya motivasi masyarakat agar mau berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” kata Saepul Amin, Selasa (29/3).

Karena sebagaimana fungsinya, KIM ini merupakan bagian dari mitra dialog pemerintah dalam penyebarluasan informasi kebijakan kepada masyarakat secara utuh dan menyeluruh. Dengan begitu, KIM diharapkan bisa terus menjadi lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

KIM itu sendiri, menurut Saepul, tentunya bukan hanya dibentuk di tingkat kabupaten dan kecamatan saja, akan tetapi terbentuk juga di tingkat desa.

“Intinya, kami akan terus mendorong KIM supaya dapat terus aktif, peduli, dan peka terhadap informasi yang ada di daerahnya masing-masing. Supaya KIM dapat ikut berkontribusi dalam mewujudkan visi Sumedang Melesat dan Sumedang Simpati,” tutur Saepul Amin.

Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong KIM di kecamatan dalam peningkatan kapasitas dan profesionalitasnya melalui berbagai pelatihan. Seperti contohnya pelatihan membuat rilis, konten, editing, dan sebagainya.

Harapannya, KIM di Sumedang ke depan dapat membangun sikap yang inovatif untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat. Serta, memiliki keinginan untuk berkembang dan maju dalam memanfaatkan sarana informasi dan mengikuti digitalisasi.

0 Komentar