Seni Tarawangsa Masih Jadi Andalan Acara Pernikahan

Seni Tarawangsa Masih Jadi Andalan Acara Pernikahan
Seni Tarwangsa sering ditampilkan dalam sebuah acara pernikahan di Desa Sukahayu Rencakalong. (ist)
0 Komentar

sumedang, RANCAKALONG – Seni Jentreng atau biasa disebut Seni Tarawangsa masih menjadi andalan masyarakat Rencakalong pada acara – acara tertentu.

Seorang Tokoh Komunitas Tarawangsa Pusakawangi Encep mengatakan, seni ini masih dilaksanakan dan merupakan andalan kesenian di Rancakalong, seperti pada acara pernikahan.

“Jadi kesenian tarawangsa ini masih andalan untuk acara pernikahan di Rancakalong,” ujar Encep kepada Sumeks, Selasa (29/3).

Baca Juga:Mahasiswa dan Anggota Pramuka Ikuti Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar, Sutrisno: Generasi Muda Akan Jadi Pemimpin di Masa DepanTol Cisumdawu Seksi 2 Kembali Urung Dibuka untuk Arus Mudik

Dikatakan, Seni ini merupakan kesenian khas Rancakalong dan untuk masyarakat Rancakalong masih sering kali menggunakan atau melestarikan kesenian ini. Jadi untuk acara pernikahan, Seni Tarwangsa ini pasti merupakan andalan.

“Ya, kan ini khas di sini di Rancakalong. Kebanyakan masyarakat juga sering melestarikan kesenian Tarawangsa ini. Jadi pasti andalan di acara pernikahan,” ucap Encep.

Dia menuturkan, Seni ini merupakan cara mengucapkan rasa syukur manusia kepada sang pencipta atas rizki yang diterima.

“Jadi ini mah merupakan simbol rasa syukur kepada Sang Pencipta,” katanya.

Selain itu, seorang pengantin di sebuah acara pernikahan Cindy mengatakan, Seni Tarawangsa ini merupakan kebanggaan di Rancakalong. Hal itu wajib bagiwarga sini untuk menggelar acara ini di pernikahan.

“Jadi kan ini seni kebanggaan warga sini dan wajib lah ada tarawangsa mah,” ujarnya.

Cindy mengaku Seni Tarawangsa ini merupakan seni yang ditunggu-tunggu oleh warga yang datang. Meskipun seni ini sering kali ada di tiap acara, tapi tetap menjadi acara seni yang ditunggu.

Baca Juga:Empat Rumah di Sukamanah Terancam LongsorTangki Angkut Minyak Goreng Kecelakaan, Warga Ramai-Ramai Memungut Tumpahannya

“Jadi acara yang ditunggu-tunggu oleh warga yang pada datang ke sini. Meskipun sering liat juga, tapi tetap ditungguin sampe acara Tarawangsa ini tampil,” pungkasnya. (wly/job)

0 Komentar