Empat Rumah di Sukamanah Terancam Longsor

Empat Rumah di Sukamanah Terancam Longsor
Forkopimcam Jatinunggal bersama Pemdes Sukamanah melakukan monitoring empat rumah yang terancam longsor, kemarin. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINUNGGAL – Warga Dusun Cibareubeu, Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal dihantui ancaman longsor. Sedikitnya empat rumah di dusun tersebut terancam longsor. Tembok Penahan Tanah (TPT) yang sempat ambruk nyaris mengenai rumah yang ada di bawahnya.

Kepala Desa Sukamanah Tosin menyebutkan, TPT sepanjang kurang lebih 10 meter dengan ketinggian 2 meter itu cukup berbahaya kalau dibiarkan.

“Tembok Penahan Tanah sempat ambruk, nyaris mengenai rumah yang ada di bawahnya,” katanya kepada Sumeks, Selasa (29/3).

Baca Juga:Tangki Angkut Minyak Goreng Kecelakaan, Warga Ramai-Ramai Memungut TumpahannyaSepak Bola Ricuh, Pemain Kena Bogem Penonton

Dikatakan, dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya sempat melakukan monitoring bersama dengan Forkopimcam Jatinunggal. Untuk sementara ini, tidak perlu pengungsian, namun saat hujan deras turun, warga diwajibkan waspada.

“Kalau untuk saat ini rumah yang warga tempati masih terbilang aman karena sebagian TPT sudah diperbaiki,” katanya.

Tosin menyebutkan, dalam hal ini masih ada beberapa meter lagi TPT yang harus diperbaiki, termasuk gorong-gorong irigasi di pemukiman tersebut. Hanya saja, pihak desa kewalahan terkait anggaran untuk memperbaikinya.

“Kita sedikit kewalahan untuk memperbaiki gorong-gorong dan TPT yang masih perlu diperbaiki,” tandasnya.

Dia berharap, pihak terkait agar membantu desa mencarikan solusi terbaik agar wilayah rawan longsor itu dapat segera diperbaiki.

“Untuk pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan, ini perlu ada perbaikan,” katanya.

Sampai saat ini, baru ada bantuan dari pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang berupa sejumlah uang. Namun, untuk perbaikan TPT dan gorong-gorong masih belum cukup.

Baca Juga:Ridwan Kamil Diagendakan Hadiri Gebyar Desa Citali SumedangMenko Airlangga: Reforestrasi Dorong Akselerasi Pertumbuhan Green Economy

“Alhamdulilah, bantuan dari Baznas sudah ada tapi masih sangat jauh kurangnya,” kata dia. (eri)

0 Komentar