Pemerintah Harus Perhatikan Penunjang Pertanian

Pemerintah Harus Perhatikan Penunjang Pertanian
Salah satu saluran irigasi di Kabupaten Sumedang yang mampu menunjang hasil pertanian. (nett/ilustrasi)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Petani di Kecamatan Darmaraja diminta pihak terkait memperhatikan saluran irigasi penunjang pertanian.

Berdasarkan pengakuan para petani di Darmaraja, banyak saluran irigasi yang perlu diperbaiki. Sampai saat ini masih banyak saluran irigasi yang tersumbat dan kondisinya kurang ideal.

Dampaknya, aliran air kurang lancar. Tak jarang saluran tersebut juga jebol dan itu akan mengganggu terhadap proses pengelolaan sawah para petani.

Baca Juga:Keterbatasan Armada, Penyebab Penumpukan Sampah di Parakan MuncangJelang Mudik, Polres Sumedang Pastikan Arus Lalu Lintas Lancar 

“Saluran irigasi itu bagian dari penunjang pertanian yang sangat penting. Saya berharap pihak terkait bisa lebih pro aktif survey ke lapangan untuk melihat kondisi saluran irigasi,” kata salah satu petani di Darmaraja Jaji kepada Sumeks, Rabu (30/3).

Dikatakan, para petani menilai, produksi pertanian merupakan salah satu yang menunjang perekonomian negara. Bahkan, merupakan hasil bumi yang lebih efektip bisa memperkuat ketahanan pangan. Oleh sebab itu, pemerintah harus lebih memperhatikan penunjang sektor-sektor pertanian.

“Sektor penunjang pertanian, seharusnya lebih diperhatikan. Sebab produktifitas dari pertanian merupakan salah satu penguat ketahanan pangan,” kata dia.

Apalagi, beras yang dihasilkan oleh petani yang ada di Darmaraja kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Sebab jenis tanah di Darmaraja dan suhu udaranya sangat ideal untuk penanaman padi.

“Kualitas beras dari Darmaraja sudah terkenal bagus. Seharusnya produksi beras di Darmaraja ditingkatkan. Untuk meningkatkannya tentu harus ada penunjang yang maksimal terutama untuk pengairannya,” ucapnya (eri)

0 Komentar