Berikut Ayat Al Quran Mengenai Bulan Suci Ramadhan

Berikut Ayat Al-Qur'an Mengenai Bulan Suci Ramadhan
Al-Qur'an yang berisi perintah untuk melakukan ibadah puasa ramadhan (foto : freepik )
0 Komentar

sumedangekspres – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dan dimuliakan. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan, bahwa Ramadhan ialah bulannya umat Rasulullah SAW karena di dalamnya penuh dengan keberkahan dan pahala berlipat ganda pada setiap ibadahnya.

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu untuk menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam. Suatu ibadah yang tidak bisa ditentukan oleh siapapun pahalanya karena hanya Allah SWT yang akan memberikannya secara langsung kepada umat Islam yang menjalankannya dengan baik serta sesuai dengan perintah Allah SWT.

Dilansir dari NU Online, Perintah untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini sudah termaktub dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183-185 berikut :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Baca Juga:Beberapa Hal yang Membatalkan Puasa, Makan dan Minum Karena Lupa Bagaimana ?Bagaimana Jika Qadha Puasa Tahun Lalu Belum Dibayar Sampai Ramadhan Tahun Ini ?

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 183)

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ  فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya, “(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 184)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya, “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Jadi sebagau umat Islam yang taat sudah seharusnya kita melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan diiringi berbagai ibadah lain yang tentu akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. (cr1)

0 Komentar