Benarkah Penderita Covid-19 Cepat Sembuh Jika Dengarkan Al-Qur’an?

Benarkah Pasien Covid-19 Cepat Sembuh Jika Dengarkan Al-qur'an
Membaca dan Mendengarkan Al-Qur'an Menenangkan Hati (Kuasakata.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Penderita Covid-19 dinilai bisa merasa tenang dan lebih mudah pulih saat dengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an.

Seorang dokter spesialis dari kedokteran fisik dan rehabilitasi dari Universitas Airlangga yang bernama Rita Vivera Pane, mengungkapkan sebuah penelitian yang dia lakukan dengan 20 orang rekannya.

Hasilnya menunjukkan yang mendengar dan melantunkan ayat Alquran satu juz per hari lebih cepat pulih ketimbang mereka yang hanya melakukan latihan pernapasan biasa.

Baca Juga:Berdayakan Pelaku UMKM, BRI Antarkan Pengusaha Kopi Gayo Tembus Pasar InternasionalPamijahan Wisata Religi Yang Menerapkan Larangan Meroko mulai dari jarak 150 meter Dari Makam Syeikh Abdul Muhyi

“Bacaan Alquran apabila dia menjadi happy, tenang, itulah yang lebih bermanfaat pada kesehatan otak kita, berpengaruh pada neurotransmitter di otak. Suara yang membuat kita jadi tenang, itulah yang membuat otak lebih sehat,” ujar Rita dalam sebuah webinar yang digelar Indonesia Neuroscience Institute, dikutip Kamis (23/9). Dilansir dari Republika.co.id.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan aktivitas pada otak yang membantu agar otak tetap sehat.

“Suara yang membuat rileks yakni berasal dari alam seperti kicau burung, angin, gemercik air, dan suara manusia yang indah,” ujarnya.

Sejumlah studi juga mengungkapkan mendengarkan musik dapat mengurangi kecemasan, tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu Rita menyarankan olahraga dengan intensitas sedang. Lima kali sepekan yaitu aerobik, latihan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan selama 30-40 menit per sesi.

“Lima hingga enam kali intensitas sedang, 30-40 menit dalam satu sesi terdiri dari aerobik, latihan kekuatan, fleksibilitas dan keseimbangan. Lakukan olahraga dengan bervariasi,” demikian pesan Rita. (Cr2)

0 Komentar