Inilah Keistimewaan Shalat Subuh dan Isya Berjamaah pada Bulan Suci Ramadhan

Inilah Keistimewaan Shalat Subuh dan Isya Berjamaah pada Bulan Suci Ramadhan
Shalat Isya dan Subuh berjamaah memiliki keistimewaan tersendiri apalagi di bulan ramadhan (foto : Pexels)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada bulan Ramadhan, dikatakan bahwa ada keuntungan besar pada shalat Isya dan Subuh apabila dilakukan berjamaah. Di antara shalat wajib, dua ibadah tersebut paling mempumyai pahala besar.

Dikutip dari AyoIndonesia, ketika waktu Subuh tiba, umat muslim diwajibkan untuk segera menunaikan salat dan bahkan dianjurkan untuk shalat berjemaah. Mengala demikian? Karena, ada beberapa keutamaan jika salat subuh dilaksanakan secara berjemaah.

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no 137 dan Muslim no 632)

Baca Juga:Patilasan Sunan Kalijaga di Blora menyimpan mistisReaksi Ahmad Seorang Balita Tunarungu Ketika Pertama Kali Mendengar Adzan

Selain shalat subuh, ada pun salat isya terutama pada bulan ramadhan memiliki keistimewaan apabila dilakukan secara bersama-sama atau berjamaah apalagi dilakukan di mesjid.

“Barang siapa yang salat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat shubuh berjemaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.”

Dijanjikan pula bahwa orang yang melaksanakan sholat subuh berada dalam jaminan Allah Swt. Dikatakan dalam HR. Muslim No 163, bahwa:

“Barang siapa yang salat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam.”

Jadi bisa disimpulkan, selain kita melaksanakan salat lima waktu sebagai tiang agama kita, sebagai umat muslim sudah selayaknya di bulan Ramadhan ini kita berlomba untuk mendapat pahala yang berlipat dari Allah salah satunya lewat salat berjamaah Subuh dan Isya yang tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. (cr1)

0 Komentar